Diare/boldsky.com
Health

Gejala Kanker Kolorektal pada Usia Muda

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 12 Maret 2022 - 13:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker kolorektal kini sudah mulai banyak ditemukan kasusnya di dunia, termasuk juga di kalangan anak muda.

Telah banyak diklaim bahwa gaya hidup sedentari atau kurang aktif menjadi penyebab sebagian besar untuk generasi muda yang menjadi mangsa penyakit fatal tersebut.

Karena itu, memantau kondisi kesehatan kolorektal sangat penting.

Berikut adalah lima gejala kanker kolorektal yang tidak boleh Anda abaikan, berapa pun usia Anda dilansir dari Times of India:

1. Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas, dan bukan hanya satu atau dua kilo, tetapi jumlah yang cukup besar merupakan tanda peringatan yang pasti. Pastikan Anda tidak mengabaikan penurunan berat badan yang tidak normal dan lakukan tes sebelum terlambat.

2. Perubahan buang air besar

Perubahan frekuensi, bentuk, atau jumlah tinja merupakan gejala kanker yang sebagian besar terdeteksi pada stadium lanjut pada individu muda. Pastikan bahwa segera setelah Anda melihat pola anomali seperti itu, Anda menguji diri sendiri.

3. Kram perut

Nah yang satu ini adalah gejala yang samar karena bisa terjadi karena beberapa alasan. Jika Anda tidak melihat alasan yang jelas untuk terjadinya kram, maka itu tidak normal dan Anda harus lebih memperhatikannya. Nah yang satu ini adalah gejala yang samar karena bisa terjadi karena beberapa alasan. Jika Anda tidak melihat alasan yang jelas untuk terjadinya kram, maka itu tidak normal dan Anda harus lebih memperhatikannya.

4. Diare atau sembelit yang terus-menerus

Gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit kemungkinan besar terjadi jika Anda makan terlalu banyak atau makan makanan yang tidak higienis. Namun, episode terus menerus dari salah satu gangguan ini bisa menjadi tanda peringatan bagi Anda untuk mendapatkan tes diagnosis.

5.  Perdarahan dalam tinja

Jika Anda menemukan darah gelap/merah terang di tinja Anda meskipun Anda tidak menderita sembelit atau gangguan pencernaan lainnya, kemungkinan besar itu adalah tanda kanker kolorektal. Dianjurkan untuk melakukan kolonoskopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro