Ilustrasi kanker prostat/Mayo Clinic
Health

Waspada, Ini 20 Gejala Umum yang Bisa Saja Indikasi Kanker

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 15 Maret 2022 - 12:23
Bagikan

11. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Penurunan berat badan adalah gejala umum pada banyak kanker, tetapi lebih sering terjadi pada stadium lanjut. Penurunan berat badan yang tidak disengaja, terutama jika terjadi bersamaan dengan gejala lain yang mungkin terjadi, secara khusus dapat menjadi tanda kanker rahim.

12. Nyeri di setiap bagian payudara

Penting untuk mengetahui bagaimana payudara biasanya terasa dan terlihat karena setiap perubahan ukuran atau penampilan seperti pembengkakan, kemerahan, benjolan, atau nodus harus diselidiki.

13. Perubahan buang air besar

Sembelit atau diare juga bisa menjadi tanda kanker usus besar. Setelah menyebar ke usus besar atau dari pembentukan asites, kanker ovarium dapat menyebabkan penyempitan usus dan menyebabkan sembelit.

14. Sakit punggung

Sakit punggung cenderung tidak muncul secara terpisah dari gejala lain ketika penyebabnya adalah kanker. Sakit punggung dapat berkembang pada wanita dengan kanker ovarium karena penumpukan cairan di daerah panggul, terutama jika rahim terbalik.

15. Darah dalam urin

Darah dalam urin, baik terlihat jelas atau hanya terlihat di bawah mikroskop, bisa jadi merupakan tanda awal kanker kandung kemih atau ginjal. Darah bisa muncul dan kemudian menghilang, tetapi jika itu kanker, itu akan muncul kembali.

16. Sakit panggul

Kanker kandung kemih adalah salah satu kanker urologi yang paling umum, hampir semuanya lebih sering terjadi pada pria. Nyeri panggul merupakan tanda kanker kandung kemih ketika sudah lanjut.

17. Kesulitan atau ketidaknyamanan buang air kecil

Gejala kanker prostat, terutama pada tahap awal, bisa mirip dengan gejala yang umum dialami banyak pria seiring bertambahnya usia, termasuk hilangnya kontrol kandung kemih, keinginan yang lebih sering untuk pergi ke kamar mandi, dan ketidakmampuan untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.

18. Perubahan warna payudara

Perubahan warna kulit payudara, areola, atau puting susu mungkin merupakan tanda awal kanker payudara. Warnanya bisa berubah menjadi merah muda, merah, dan bahkan ungu. Ini mungkin terlihat seperti memar.

19. Suara serak

Sebagian besar waktu, suara serak disebabkan oleh peradangan pita suara yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas. Suara serak yang terus-menerus merupakan tanda kanker laring atau paru-paru, serta kanker tiroid.

20.  Benjolan payudara

Benjolan atau massa di payudara, meskipun terlalu kecil untuk menyebabkan perubahan apa pun, adalah salah satu tanda pertama kanker payudara. Benjolan bisa tidak nyeri, keras, tidak rata, lunak, atau bulat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro