Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tanda dan Gejala Batu Ginjal, Jangan Sampai Lengah

Batu ginjal adalah kumpulan garam dan mineral keras yang sering terdiri dari kalsium atau asam urat. Mereka terbentuk di dalam ginjal dan dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari saluran kemih.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 16 Maret 2022  |  15:53 WIB
Ini Tanda dan Gejala Batu Ginjal, Jangan Sampai Lengah
Ilustrasi ginjal

Bisnis.com, JAKARTA - Batu ginjal, juga disebut nephrolith adalah kondisi kesehatan paling umum yang terkait dengan sistem kemih, Saat ini di Indonesia yang menderita batu ginjal sebesar 0,6% atau 6 per 1000 penduduk.

Batu adalah pecahan mineral keras yang dapat terbentuk di ginjal Anda. Seringkali, mereka cukup kecil untuk keluar dari tubuh Anda melalui urin Anda. Tetapi jika terlalu besar, Anda mungkin memerlukan bantuan medis untuk memisahkan atau melepasnya.

Apa itu batu ginjal?

Batu ginjal adalah kumpulan garam dan mineral keras yang sering terdiri dari kalsium atau asam urat. Mereka terbentuk di dalam ginjal dan dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari saluran kemih. Batu saluran kemih merupakan penyakit nomor tiga terbesar di bidang urologi setelah infeksi saluran kemih dan pembesaran prostat benigna.

Untuk ukuran batunya bervariasi, ada beberapa yang hanya sekecil seperti tanda titik atau sepersekian inci, ada juga yang dapat tumbuh beberapa inci, beberapa batu ginjal ini bisa menjadi besar sehingga dapat memenuhi seluruh ginjal.

Batu ginjal terbentuk ketika terlalu banyak mineral tertentu yang berada di dalam tubuh anda, dan menumpuk di urin. Ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik maka urin akan lebih terkonsentrasi dengan kadar mineral tertentu yang lebih tinggi, Ketika kadar mineral lebih tinggi, kemungkinan batu ginjal akan terbentuk.

Batu ginjal juga lebih sering terjadi pada orang yang menderita diabetes atau obesitas. Batu ginjal juga bisa disebabkan oleh kondisi genetik yang disebut cystinuria .

Jika batunya cukup kecil, itu akan berlanjut dari kandung kemih Anda ke uretra anda dan keluar dari tubuh anda melalui urin Anda. Semakin kecil batunya, semakin besar kemungkinannya untuk lewat dengan sendirinya, dan semakin cepat prosesnya akan terjadi.

Kebanyakan batu yang lewat secara alami akan memakan waktu 31 sampai 45 hari . Jika batu belum keluar dalam jangka waktu ini, penting untuk mendapatkan perhatian medis, karena batu dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal dan komplikasi lainnya.

Batu ginjal biasanya sangat menyakitkan. Kebanyakan batu akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Tetapi Anda mungkin memerlukan prosedur untuk memecah atau mengeluarkan batu yang tidak lolos.

Apa saja gejala batu ginjal ?

1. Sakit di punggung, perut, atau samping

Nyeri batu ginjal juga disebut sebagai kolik ginjal, beberapa orang yang pernah mengalami batu ginjal membandingkan rasa sakitnya dengan melahirkan atau ditusuk dengan pisau.

Biasanya, rasa sakit dimulai ketika batu bergerak ke ureter yang sempit. Hal ini menyebabkan penyumbatan yang menyebabkan tekanan menumpuk di ginjal. Tekanan mengaktifkan serabut saraf yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Nyeri batu ginjal sering dimulai secara tiba-tiba. Saat batu bergerak, rasa sakit mengubah lokasi dan intensitas.

2. Sakit atau terbakar saat buang air kecil

Setelah batu mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, Anda akan mulai merasakan sakit saat buang air kecil, atau ini dikenal dengan sebutan disuria.

Rasa sakitnya bisa terasa tajam atau terbakar. Jika Anda tidak tahu bahwa Anda memiliki batu ginjal, Anda mungkin salah mengartikannya sebagai ISK. Terkadang Anda dapat mengalami infeksi bersamaan dengan batu tersebut.

3. Darah dalam urin

Darah dalam urin adalah gejala umum pada orang dengan batu ginjal. Gejala ini disebut juga hematuria .

Darah bisa berwarna merah, merah muda, atau coklat. Kadang-kadang sel darah terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop (disebut hematuria mikroskopis), tetapi dokter Anda dapat menguji urin Anda untuk melihat apakah mengandung darah.

4. Mual dan muntah

Biasanya orang dengan batu ginjal mengalami mual dan muntah .

Gejala-gejala ini terjadi karena koneksi saraf bersama antara ginjal dan saluran GI. Batu di ginjal dapat memicu saraf di saluran GI, memicu sakit perut.

5. Demam dan menggigil

Demam dan kedinginan adalah tanda-tanda infeksi di ginjal Anda atau bagian lain dari saluran kemih Anda. Ini bisa menjadi komplikasi serius dari batu ginjal. Ini juga bisa menjadi pertanda masalah serius lainnya selain batu ginjal. Setiap demam dengan rasa sakit memerlukan perhatian medis yang mendesak.

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki gejala batu ginjal. Semakin dini Anda mendapatkan perawatan, semakin kecil kemungkinan Anda akan mengalami komplikasi dari batu ginjal.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ginjal gagal ginjal kebiasaan merusak ginjal penyakit ginjal kesehatan ginjal
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top