Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 4 Makanan yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Hindarilah makanan kaleng yang manis, karena bisa meningkatkan gula darah. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 17 Maret 2022  |  19:52 WIB
Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu. - Boldsky
Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu. - Boldsky

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes adalah salah satu penyakit kronis di mana tubuh tidak lagi dapat memproses glukosa dengan baik.

Hal ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang dapat merusak pembuluh darah dan akhirnya menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan saraf lainnya jika tidak ditangani.

Jocelyne Karam, selaku Direktur Divisi Endokrinologi di Maimonides Medical Center mengatakan bahwa mengkonsumsi karbohidrat yang kaya serat, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran telah terbukti meningkatkan kadar glukosa darah dan dapat mencegah lonjakan glukosa setelah makan.

Selain itu, menghindari minuman manis, seperti soda dan jus dapat meningkatkan konsumsi protein tanpa lemak. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh untuk meningkatkan resistensi insulin. Berikut adalah 4 makanan yang dapat membantu mengelola kadar gula darah para penderita diabetes.

1. Kacang-Kacangan

Kacang memiliki dua komponen utama yang baik untuk penderita diabetes, yakni serat dan protein. Tubuh Anda mencerna serat dan protein lebih lambat, yang mana hal tersebut dapat mengurangi risiko lonjakan gula darah, jelas Dahlia Gomez selaku juru bicara Asosiasi Spesialis Perawatan dan Pendidikan Diabetes (ADCES). 

American Diabetes Association (ADA) juga merekomendasikan untuk menambahkan kacang kering atau kacang kalengan dengan natrium yang dikurangi ke dalam makanan. Semua kacang mengandung serat, tetapi ADA merekomendasikan kacang hitam, kacang pinto, dan kacang merah baik untuk para penderita diabetes

2. Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kangkung mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan. Disamping itu, sebagian besar peradangan bisa menjadi kronis pada penderita diabetes, meningkatkan risiko komplikasi , seperti penyakit jantung dan masalah ginjal. 

Sayuran berdaun gelap juga rendah kalori dan karbohidrat, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk mengontrol kadar gula darah dan berat badan.

Sebuah analisis pada 2010 mengungkapkan bahwa makan satu setengah porsi ekstra sayuran berdaun hijau dalam sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 14 persen. 

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak kaya akan asam lemak dan omega-3, sejenis lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Ikan juga merupakan sumber protein yang bagus.

Selain salmon, contoh ikan berlemak lainnya antara lain, ikan sarden, ikan haring, dan ikan kembung

4. Buah-Buahan

Buah-buahan mengandung gula dan karbohidrat alami yang tinggi, itulah sebabnya ada kesalahpahaman bahwa penderita diabetes harus menghindarinya. Namun, kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi berarti mereka adalah pilihan yang aman.

Stroberi mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin, yang telah terbukti mengurangi kolesterol dan tidak meningkatkan kadar gula darah . 

Selain Strawberry, Blueberry juga cenderung tidak menyebabkan lonjakan gula darah, berkat indeks glikemiknya yang rendah dan kandungan serat yang tinggi. Beberapa buah untuk penderita diabetes antara lain adalah pisang dan jeruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan ikan diabetes buah
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top