Ilustrasi nonton TV/bussinessinsider
Health

Menonton Televisi Lebih dari 4 Jam Sehari Berisiko Alami Pembekuan Darah

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 20 Maret 2022 - 13:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menonton televisi selama empat jam atau lebih sehari dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena pembekuan darah yang berbahaya, menurut penelitian baru.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 131.000 orang, semua usia 40 ke atas tanpa tromboemboli vena (VTE).

VTE mencakup dua kondisi serius: emboli paru (gumpalan di paru-paru) dan trombosis vena dalam (gumpalan di vena dalam, biasanya di kaki).

Dilansir dari Harvard.edu, partisipan yang melaporkan menonton televisi setidaknya empat jam sehari dikategorikan sebagai penonton lama, sedangkan mereka yang menonton kurang dari 2,5 jam per hari dianggap tidak pernah atau jarang menonton.

Selama masa tindak lanjut (yang berkisar dari lebih dari lima tahun hingga hampir 20 tahun), pemirsa televisi yang lama memiliki kemungkinan 1,35 kali lebih besar untuk mengembangkan VTE dibandingkan dengan pemirsa yang tidak pernah atau jarang menonton.

Meskipun temuan ini tidak membuktikan sebab dan akibat, hubungan tersebut masuk akal karena duduk dalam waktu lama menyebabkan darah berkumpul di kaki, yang dapat meningkatkan risiko pembekuan darah, menurut penulis, yang menerbitkan temuan mereka 20 Januari 2022, di European Journal of Preventive Cardiology.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro