Vaksin Moderna/Kemenkes RI
Health

Kabar Baik! Vaksin Moderna Terbukti Lindungi Anak Usia 6 Bulan hingga 6 Tahun

Aprianus Doni Tolok
Kamis, 24 Maret 2022 - 19:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar baik datang dari dunia kesehatan. Vaksin Covid-19 Moderna teruji klinis ampuh meningkatkan antibodi anak usia 6 bulan hingga 6 tahun.

Informasi ini disampaikan oleh dokter Adam Prabata melalui unggahan di akun Instagramnya @adamprabata, Kamis (24/3/2022).

"Untuk para orangtua yang sudah menunggu-nunggu vaksin Covid-19 untuk anak-anaknya yang berusia 6 bulan hingga 6 tahun, semoga press release dari vaksin Moderna ini bisa menjadi kabar baik yaa!

“Tapi bersabar dulu ya, karena di Amerika Serikat sendiri, masih dalam tahap pengajuan izin untuk pemberian vaksin Moderna bagi anak usia dan bulan hingga 6 tahun. Semoga izinnya bisa segera keluar yaa," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Lebih lanjut, berdasarkan informasi resmi yang diterima Adam, efikasi Moderna mencapai 43,7 persen bisa Covid-19 bergejala bagi anak usia 6 bulan hingga 2 tahun.

Sementara itu, untuk anak usia 2-6 tahun, khasiat serupa mencapai 37,5 persen atau sedikit lebih kecil dibandingkan anak usia 6 bulan sampai 2 tahun.

Jika dibandingkan dengan vaksin Moderna yang diberikan kepada orang dewasa, efikasi bagi anak usia 6 bulan hingga 6 tahun relatif lebih rendah.

Mengapa efikasi vaksin Moderna pada anak 6 bulan sampai 6 tahun nampak relatif lebih rendah? Karena penelitian vaksin Moderna untuk anak usia 6 bulan hingga 6 tahun dilakukan saat Omicron menjadi varian dominan," tulis Adam dalam unggahan yang sama.

Meskipun demikian, antibodi yang tercipta bagi anak yang menerimanya digadang-gadang sama dengan antibodi penerima dewasa vaksin Moderna.

"Tidak ada anak usia 6 bulan hingga 6 tahun penerima vaksin Moderna yang mengalami gejala Covid-19 berat, rawat inap, atau kematian akibat Covid-19," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro