Ilustrasi puasa/strongpath
Health

4 Tips agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar selama Puasa Ramadan

Aliftya Amarilisya
Rabu, 6 April 2022 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Puasa pada dasarnya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, tak jarang, saat menjalankannya beberapa orang merasakan lemas, terutama pada hari-hari awal.

“Puasa memang memberi banyak manfaat sehat, seperti membakar lemak jahat, detoksifikasi tubuh, hingga meningkatkan kinerja otak," kata Manager Medical Underwriter Sequis, dr. Fridolin Seto Pandu.

Untuk itu, dr. Fridolin pun membagikan sejumlah tips hidup sehat yang bisa diterapkan saat berpuasa Ramadan agar tubuh tetap bugar. Berikut ulasan lengkapnya.

Tips agar Tubuh Tetap Bugar saat Puasa Ramadan


1. Atur pola tidur

Tips hidup sehat saat puasa dimulai dengan mengatur pola tidur, yaitu membiasakan tidur jam 9 atau 10 malam. Lalu, jika Anda berkesempatan tidur siang, maka beristirahatlah sekitar 30 menit.

2. Perhatikan asupan makanan

Perhatikan asupan makanan Anda, mulai dari mengurangi konsumsi daging olahan dan makanan siap saji. Rutinlah mengonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung serat untuk melancarkan metabolisme tubuh agar tidak mengalami sembelit.

3. Tetap aktif bergerak

Biasakan tubuh untuk sering bergerak. Lakukan olahraga secara rutin dengan intensitas ringan. Nah, selama puasa, Anda bisa berolahraga jelang berbuka atau beberapa saat setelah berbuka.

4. Lakukan medical check-up

Medical check-up penting guna melihat kondisi kesehatan Anda secara umum.

“Selama satu bulan, tubuh akan berada dalam kondisi tidak makan dan minum selama 12 jam. Walaupun kebiasaan ini sudah dilakukan sejak kecil, tapi mengingat kesehatan bersifat tidak konstan, ada saja yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan seiring [bertambahnya] usia. Dengan melakukan medical check-up kita [bisa tahu] memiliki penyakit komorbid atau tidak. Jika didapati memiliki komorbid, seperti diabetes, hipertensi, asam urat, kolesterol sebaiknya konsultasikan penyakit tersebut pada dokter dan sampaikan niat berpuasa tersebut,“ ucap dr. Fridolin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro