Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh/Freepik
Health

Tips Menjaga Asupan Makanan Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Menjalankan Puasa

Newswire
Kamis, 7 April 2022 - 15:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama menjalankan ibadah puasa tubuh harus mendapat asupan makanan dan minuman yang bernutrisin agar kondisi tubuh tetap sehat selama bulan Ramadan.

Makan dalam porsi besar saat berbuka puasa serta kekurangan hidrasi antara buka puasa dan sahur dapat menyebabkan masalah kesehatan atau memperburuk masalah yang sudah ada.

Ahli Gizi Klinik dari Apollo Hospitals Navi Mumbai di India, Dr Varsha Gorey, mengatakan bahwa berbuka puasa berfungsi untuk menyeimbangkan kembali dan mengisi ulang tubuh dengan makanan. Sementara sahur bertujuan untuk memberi bekal kekuatan pada tubuh sehingga makanan harus sehat dan mengenyangkan.

"Untuk mengoptimalkan dan mendapatkan manfaat dari puasa, kita harus memasukkan diet beragam yang mencakup semua kelompok makanan utama seperti sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan produk susu (jika ditoleransi)," kata Gorey, dikutip dari Hindustan Times.

Berikut beberapa tips lain yang harus diingat selama puasa Ramadan, dibagikan oleh Ahli Diet di Apollo Spectra Hospital Dr. Jinal Patel dan Kepala Ahli Diet di Global Hospital Zamurrud M. Patel. Walau begitu, para ahli tetap menganjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu jika seseorang memiliki kondisi medis tertentu.

Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Usahakan minum air mineral yang cukup di antara waktu buka puasa dan sahur untuk mencegah dehidrasi. Selain air mineral, konsumsi pula buah-buahan yang mengandung air contohnya seperti semangka saat sahur atau setelah berbuka puasa.

Kurangi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola. Kafein dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil sehingga menyebabkan dehidrasi. Bahkan minuman bersoda dengan gula akan menambah kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro