Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Kanker hingga Diabetes, Ini 6 Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Mata Anda

Enam kondisi kesehatan yang dapat diungkapkan oleh mata Anda dan segera periksakan ke dokter
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 12 April 2022  |  09:13 WIB
Ilustrasi mata
Ilustrasi mata

Bisnis.com, JAKARTA -  Mata adalah cermin jiwa Anda dan mencerminkan segala sesuatu yang tampaknya tersembunyi.

Tetapi jika Anda perhatikan dengan seksama, itu juga bisa menjadi cerminan kesehatan Anda.

Mendeteksi tanda-tanda ini dapat membantu Anda mengambil bantuan medis sedini mungkin dan menghindari komplikasi agar tidak berkembang lebih jauh.

Berikut adalah 6 kondisi kesehatan yang dapat diungkapkan oleh mata Anda:

1. Diabetes

Penglihatan kabur adalah masalah umum yang berhubungan dengan mata, tetapi juga dapat dikaitkan dengan diabetes tipe 2. Kadar gula darah tinggi yang kronis memberi tekanan pada pembuluh darah, menghasilkan bintik-bintik darah yang terlihat di bagian belakang mata. Bercak darah di mata berarti kadar gula darah telah mencapai tingkat yang berbahaya dan membutuhkan perhatian segera. Jika kadar glukosa tidak diobati, dapat menyebabkan kebutaan.

2. Kanker

Tanda kanker payudara bahkan bisa dimanifestasikan di mata Anda. Ketika sel-sel kanker mulai menyebar ke bagian lain dari tubuh, tanda-tandanya bahkan mungkin muncul di mata. Lesi abnormal atau massa/tumor dalam struktur mata seperti uvea (lapisan tengah jaringan di dinding mata) menunjukkan bahwa sel kanker telah menyebar ke mata. Jika Anda memiliki masalah seperti penglihatan kabur, sakit mata, atau melihat kilatan atau floaters, hubungi dokter Anda.

3. Kolesterol tinggi

Kadar kolesterol tinggi dalam darah Anda secara bertahap dapat menumpuk di mata Anda. Tanda yang terlihat adalah cincin putih, abu-abu atau biru yang terbentuk di sekitar iris Anda. Sementara cincin juga terbentuk karena penuaan, alasan lain bisa jadi adalah kadar kolesterol yang tinggi. Jika pada usia berapa pun Anda menyaksikan cincin di mata Anda, lakukan tes kadar kolesterol Anda. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Retina rusak

Pernahkah Anda memperhatikan getaran kecil yang kadang-kadang bergerak di sekitar bidang penglihatan Anda? Mereka disebut floaters dan kadang-kadang terlihat oleh semua orang. Tetapi peningkatan tiba-tiba dalam jumlah floaters menunjukkan robekan atau pelepasan retina. Tanda-tanda ini tidak boleh diabaikan karena seiring waktu mereka dapat menyebabkan kerusakan parah pada mata Anda.
Baca Selengkapnya: Irritable Bowel Syndrome: Ketahui Apa Penyebabnya dan Apa Gejalanya

5. Infeksi

Bintik putih yang terlihat di kornea Anda (lapisan bening di bagian depan bola mata Anda) bisa menjadi tanda infeksi kornea. Hal ini sebagian besar disaksikan di antara mereka yang menggunakan lensa kontak bukan kacamata. Lensa yang terkontaminasi dengan bakteri atau jamur adalah penyebab umum infeksi. Kondisi ini dapat menyebabkan jaringan parut dan nyeri pada kornea.
Baca Selengkapnya: Irritable Bowel Syndrome: Ketahui Apa Penyebabnya dan Apa Gejalanya

6. Penyakit kuning

Jika bagian putih mata Anda menjadi kuning maka itu menandakan bahwa Anda menderita penyakit kuning. Penyakit kuning adalah suatu kondisi yang terjadi karena bilirubin yang berlebihan (senyawa kuning yang terbentuk dari pemecahan sel darah merah) dalam darah Anda. Jumlah senyawa meningkat dalam darah ketika hati Anda tidak dapat menyaringnya dengan benar. Kondisi ini juga bisa membuat urin dan kulit Anda menguning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes mata Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top