Ilustrasi cara mengecek kesehatan di mata/Freepik
Health

6 Tanda Penyakit yang Dapat Dilihat dari Mata, Apa Saja?

Anshary Madya Sukma
Senin, 11 April 2022 - 14:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ada pepatah mengatakan mata merupakan cerminan dari jiwa. Kenyataannya, Anda ternyata dapat melihat kelainan tubuh bahkan tanda penyakit dari mata.

Mendeteksi tanda-tanda penyakit dari mata ini dapat membantu untuk tindakan medis yang tepat medis sedini mungkin dan menghindari komplikasi agar penyakit tidak berkembang lebih jauh.

Seperti dilansir Times of India pada Senin (11/4/2022), berikut 6 kondisi kesehatan atau penyakit yang dapat diungkapkan dari mata Anda.

6 Tanda Penyakit yang Dapat Dilihat dari Mata

1. Diabetes

Kondisi penyakit diabetes dapat dilihat dengan melihat tanda-tanda dari mata, karena seseorang dengan kadar gula darah tinggi yang kronis memberi tekanan pada pembuluh darah, menghasilkan bercak darah yang terlihat di bagian belakang mata.

Bercak darah ini berarti kadar gula darah telah mencapai tingkat yang berbahaya dan membutuhkan perhatian segera. Jika kadar glukosa tidak diobati, dapat menyebabkan kebutaan.

2. Kanker Payudara

Tanda kanker payudara bahkan bisa dilihat lewat tanda pada mata. Karena ketika sel-sel kanker mulai menyebar ke bagian lain dari tubuh, tanda-tandanya bahkan mungkin muncul di mata.

Lesi abnormal atau massa/tumor dalam struktur mata seperti uvea (lapisan tengah jaringan di dinding mata) menunjukkan bahwa sel kanker telah menyebar ke mata.

Jika Anda memiliki masalah seperti penglihatan kabur, sakit mata, atau melihat kilatan (floater), segera untuk menghubungi dokter Anda.

3. Kolesterol Tinggi

Ketika kadar kolesterol tinggi dalam darah maka secara bertahap dapat menumpuk di mata. Tanda yang terlihat adalah cincin putih, abu-abu atau biru yang terbentuk di sekitar iris mata.

Sementara cincin juga terbentuk karena penuaan, alasan lain bisa jadi adalah kadar kolesterol yang tinggi. Jika pada usia berapa pun Anda melihat cincin pada mata. Lakukanlah tes kadar kolesterol, karena kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro