Ilustrasi sahur/Pexels.com
Health

Penting! Ini 4 Manfaat Sahur untuk Kesehatan Tubuh

Aliftya Amarilisya
Senin, 18 April 2022 - 05:37
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Tak sedikit orang yang sengaja melewatkan makan sahur karena berbagai alasan. Hal itu sebetulnya agak disayangkan. Pasalnya, para ahli percaya, sahur adalah waktu makan terpenting selama puasa Ramadan.

Dalam hal ini, makanan yang dikonsumsi saat sahur merupakan sumber energi yang akan kita gunakan selama berpuasa hingga waktu berbuka tiba.

Dengan makan makanan bernutrisi saat sahur, maka kita pun akan terhindar dari kelaparan, rasa lesu, dan lemas ketika beraktivitas.

Tak hanya itu, sahur juga memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Cegah dehidrasi

Saat bulan Ramadan, kesempatan untuk minum bisa dibilang terbatas, yakni pada waktu berbuka puasa hingga imsak. Oleh sebab itu, sahur menjadi salah satu waktu di mana kita bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi. Baiknya, minumlah air sekira 2 gelas saat sahur.

2. Cegah hipoglikemia

Semua sel tubuh pada dasarnya membutuhkan energi, salah satunya berasal dari glukosa darah. Nah, pada saat berpuasa, gula darah ini akan terpakai oleh sel-sel tubuh sebagai sumber energi.

Persoalannya, jika sisa gula darah Anda terlalu rendah, maka bisa terjadi hipoglikemia yang ditandai dengan badan lemas, pusing, sulit konsentrasi, gemetar, dan keringat dingin, bahkan hingga pingsan.

Itulah mengapa, penting untuk makan sahur agar kestabilan kadar gula darah Anda selama puasa tetap terjaga.

3. Cegah naiknya asam lambung

Kondisi perut kosong yang sangat lama akan meningkatkan kadar asam lambung. Jika sudah begitu, bukan tidak mungkin akan muncul gejala maag, seperti nyeri ulu hati dan mual atau muntah).

Oleh karena itu, makan sahur penting agar kondisi perut tak kosong sekaligus mencegah pengeluaran asam lambung berlebih selama berpuasa.


4. Cegah kehilangan massa otot

Sahur telah terbukti bisa memperbaiki tingkat metabolisme dan mencegah hilangnya massa otot selama berpuasa. Akan tetapi, pastikan jika menu makanan sahur Anda mengandung protein yang ideal.

Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi telur, daging merah, ayam, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro