Amber Heard dan Johnny Depp/Reuters
Health

Apa itu Gangguan Kepribadian Histrionik yang Diduga Dialami Amber Heard?

Robby Fathan
Kamis, 28 April 2022 - 22:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang psikolog yang bersaksi ahli dalam persidangan pencemaran nama baik Johnny Depp v Amber Heard menuduh bahwa Amber Heard memiliki gangguan kepribadian histrionik serta gangguan kepribadian ambang.

Psikolog forensik Dr Shannon Curry, yang dipekerjakan oleh tim hukum bintang Pirates of the Caribbean Johnny Depp, telah bersaksi dalam persidangan pencemaran nama baik bahwa aktris Aquaman Amber Heard menderita dua jenis gangguan kepribadian .

Mempresentasikan temuan evaluasi psikotiknya terhadap Heard, dia berkata: "Hasil evaluasi Ms Heard mendukung dua diagnosis, gangguan kepribadian ambang dan gangguan kepribadian histrionik."

Dr Curry mengevaluasi Ms Heard menggunakan Minnesota Multiphasic Personality Inventory Two, tes objektif yang sudah ada sejak 1943 dan mengukur tanda-tanda penyakit mental atau disfungsi dengan mengajukan 567 pertanyaan.

Setelah tes, Dr Curry berkata: “Ada sejumlah karakteristik yang konsisten dengan diagnosis akhir, tetapi beberapa karakteristik utama pada dasarnya adalah eksternalisasi kesalahan, cenderung memiliki banyak permusuhan batin, kecenderungan untuk sangat merasa benar sendiri. .”

Dr Curry juga menjelaskan bahwa jenis perilaku lain yang biasa terlihat pada orang dengan skor yang mirip dengan Ms Heard pada tes termasuk menjadi "pasif-agresif" serta "membutuhkan perhatian", "penuh amarah" dan kecenderungan untuk "menggunakan manipulasi. taktik".

Apa itu gangguan kepribadian histrionik?

Histrionik berarti "sangat teatrikal atau dramatis" dan gangguan kepribadian histrionik (HPD), juga dikenal sebagai gangguan kepribadian dramatis, adalah suatu kondisi yang menyebabkan perilaku mencari perhatian yang berlebihan.

HPD dikategorikan dalam "Cluster B" gangguan kepribadian, yang juga mencakup gangguan kepribadian narsistik , gangguan kepribadian ambang, dan gangguan kepribadian antisosial . Jenis gangguan kepribadian ini ditandai dengan perilaku yang terlalu emosional, dramatis, dan impulsif.

Mereka yang menderita gangguan kepribadian histrionik mengandalkan persetujuan orang lain untuk harga diri mereka, mereka sering menggunakan penampilan fisik mereka untuk mencari perhatian dengan bertindak menggoda atau provokatif secara tidak tepat.

Apa saja gejala gangguan kepribadian histrionik?

Ada sejumlah gejala yang dapat dikaitkan dengan gangguan kepribadian histrionik dan mereka yang memiliki kondisi tersebut tidak selalu menunjukkan semua gejala.

Beberapa ciri paling umum yang terkait dengan gangguan kepribadian histrionik meliputi:

·         Bertingkah sangat dramatis

·         Terus-menerus mencari persetujuan

·         Menjadi terlalu peduli dengan penampilan fisik

·         Bertingkah menggoda

·         Menjadi mudah tertipu

·         Membuat keputusan gegabah

·         Kesulitan dalam mempertahankan hubungan

Selama kesaksiannya di persidangan pencemaran nama baik , Dr Curry mengatakan bahwa salah satu "ciri khas" dari gangguan kepribadian histrionik adalah "presentasi yang terlalu dramatis" yang bagi orang-orang yang mengamati bisa terasa seperti "hampir bermain-main".

Apa itu gangguan kepribadian ambang?

Dr Curry juga menyatakan bahwa analisis psikologisnya terhadap Ms.hear membuatnya percaya bahwa aktris tersebut juga memiliki gangguan kepribadian ambang, yang menurutnya merupakan "faktor prediktif pada wanita yang melakukan kekerasan terhadap pasangannya."

Gangguan kepribadian ambang (BPD) juga termasuk dalam kategori gangguan kepribadian Cluster B.

National Institute of Mental Health (NIH) mendefinisikan gangguan kepribadian ambang sebagai "penyakit mental yang sangat memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengatur emosinya."

Beberapa gejala yang paling umum dari gangguan kepribadian ambang meliputi:

·         Hubungan yang tidak stabil

·         Perilaku impulsif

·         Takut ditinggalkan

·         Citra diri yang tidak jelas

·         Perubahan suasana hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro