Ade Rai/Instagram @ade-rai
Fashion

Kuliner Idulfitri Penuh Lemak, Ini Tips Jaga Kebugaran dari Ade Rai di Hari Raya Lebaran

Akbar Evandio
Selasa, 3 Mei 2022 - 08:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pakar kebugaran Ade Rai menyampaikan momen hari kemenangan Idulfitri 1443 Hijriah dapat dirayakan dengan tetap menjaga kesehatan dan berat badan ideal.

Dia menilai, menjaga kesehatan saat Lebaran dapat dilakukan dengan menyadari bahwa perayaan tidak dijadikan sebagai pelampiasan.

“Menyenangkan menikmati berbagai hidangan dan dekat dengan orang-orang yang kita kasihi, tetapi menyenangkan juga apabila dengan tetap menjaga kesehatan,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Selasa (3/5/2022).

Dia mengibaratkan, mulut merupakan sumber kesehatan dan kesakitan sehingga makin bermanfaat asupan yang masuk ke dalam tubuh, dapat dilakukan dengan tidak melakukan konsumsi berlebihan.

Dia pun membagikan tip sederhana saat merayakan Idulfitri, pertama adalah fokus ke lauk, yaitu mengutamakan mengonsumsi protein, lemak, dan serat, serta meminimalkan karbohidrat dan gula yang berlebihan.

“Terlepas ketupat bagian utama dari hidangan. Namun, gula dari minuman boleh di kurangi,” kata Ade Rai.

Dia melanjutkan, saat merayakan Hari Raya Lebaran fokus masyarakat tentunya bukan ke olahraga, tetapi sebaiknya fokus yang dilakukan adalah menjadikan budaya puasa saat Ramadan menjadi kebiasaan ke depan.

Intermitten fasting. hari ke 3 setelah lebaran, boleh mulai menerapkan puasa kembali 12 jam, 16 jam atau lebih, dengan melewatkan makan pagi langsung makan siang dan malam saja atau menentukan jam disiplin makan,” tuturnya.

Dia juga mencontohkan, masyarakat dapat hanya makan di antara jam 13.00-20.00, kemudian selebihnya tetap berpuasa tetapi boleh minum, hanya tanpa gula.

“Setelah itu, bisa olahraga di akhir puasa, misalnya di jam sebelum makan siang. kalau tidak bisa, maka tidak apa-apa, apabila diganti dengan olahraga di sore hari,” kata Ade Rai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro