Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Kalsium

Konon, berikut adalah beberapa tanda kekurangan kalsium dalam tubuh Anda yang harus Anda perhatikan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 10 Mei 2022  |  08:58 WIB
Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Kalsium
Kacang-kacangan yang tinggi kandungan kalsium - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kalsium adalah mineral penting yang membantu tubuh membangun tulang dan gigi yang sehat, itulah sebabnya kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Selain itu, kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan osteopenia.

Kekurangan kalsium atau hipokalsemia adalah suatu kondisi di mana tubuh seseorang memiliki kadar kalsium dalam darah yang terlalu rendah.

Melansir Times of India, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kekurangan kalsium, yang terutama termasuk tidak mengonsumsi cukup kalsium untuk jangka waktu yang lama. Faktor risiko lain melibatkan usia dan gen.

Selain itu, obat-obatan tertentu, diet yang tidak seimbang atau intoleransi diet terhadap makanan kaya kalsium, ketidakseimbangan hormon pada wanita semuanya dapat menyebabkan kekurangan kalsium.

Penting untuk memahami tanda dan gejala kekurangan kalsium, sehingga Anda dapat mendiagnosisnya lebih awal dan diobati.

Konon, berikut adalah beberapa tanda kekurangan kalsium dalam tubuh Anda.

1. Kelelahan dan kelemahan yang ekstrem

Kelelahan bisa menjadi pertanda banyak penyakit. Namun, kadar kalsium yang rendah dalam tubuh juga dapat menyebabkan kelelahan, kelesuan, dan kelemahan yang ekstrem. Selain itu, seseorang mungkin merasa pusing dan pusing, dan mungkin sulit untuk fokus.

2. Kram otot yang sering terjadi

Jika Anda kekurangan kadar kalsium yang cukup dalam tubuh, Anda mungkin mengalami kram otot secara tiba-tiba dan nyeri pada hamstring atau betis. Kejang otot umum terjadi pada defisiensi kalsium dan dapat menyerang kapan saja, bahkan saat tidur.

3. Osteopenia dan osteoporosis

Kadar kalsium yang rendah juga dapat menyebabkan gangguan seperti osteoporosis, yang juga disebut tulang rapuh. Osteopenia juga merupakan kondisi tulang yang merupakan bentuk osteoporosis yang lebih ringan. Kedua kondisi ini berhubungan dengan hilangnya kepadatan mineral tulang (BMD) yang menyebabkan tulang melemah.

4. Masalah kulit dan kuku rapuh

Dalam menilai kesehatan kita, kulit dan kuku kita dapat banyak membantu.

Kulit kering, terkelupas dan kuku rapuh bisa menjadi gejala kekurangan kalsium. Ketika tubuh Anda memiliki kadar kalsium yang rendah dapat membuat kulit Anda terlihat kering dan kusam, sementara kuku Anda lebih tipis, lemah, dan rapuh. Masalah kulit mungkin sering terjadi dengan rasa gatal.

Selain itu, hipokalsemia juga merupakan faktor risiko psoriasis dan eksim.

5. Masalah gigi

Kalsium tidak hanya merupakan mineral penting untuk tulang kita tetapi juga untuk gigi kita. Ini membantu meningkatkan kesehatan gigi kita, itulah sebabnya kekurangan kalsium dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

6. Detak jantung tidak teratur

Sementara kadar kalsium darah yang normal mempertahankan detak jantung yang normal, kadar kalsium yang rendah telah dikaitkan dengan polarisasi dan depolarisasi sel-sel jantung, yang dapat menyebabkan aritmia jantung yang dapat mengancam jiwa bagi sebagian orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tulang Gejala Penyakit kalsium
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top