Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Akibat Kekurangan Kalsium di Tubuh

Kekurangan kalsium bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh. Simak akibat yang muncul bagi tubuh.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  15:01 WIB
Kacang-kacangan yang tinggi kandungan kalsium - Freepik
Kacang-kacangan yang tinggi kandungan kalsium - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Kekurangan kalsium dapat sangat merugikan tubuh Anda, dan mengabaikan kondisi ini dalam waktu yang lama dapat memicu sejumlah masalah kesehatan, mulai dari rakhitis  pada anak-anak, osteoporosis hingga kejang.

“Kekurangan kalsium umumnya terlihat pada anak-anak dan orang dewasa, dan dapat mengundang berbagai masalah kesehatan di dalamnya. Kalsium adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan seseorang untuk tulang dan gigi yang baik. Hal ini diperlukan agar saraf, otot dan jantung dapat berfungsi dengan baik,” kata Niranjan Naik Konsultan Patologis Apollo Diagnostic.

Kondisi ini dalam istilah medis dikenal sebagai hipokalsemia, yang berarti kadar kalsium dalam darah terlalu rendah. Melansir Hindustan Times, Kamis (13/1/2021), berikut adalah beberapa tanda kekurangan kalsium yang perlu Anda waspadai, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

1. Kelelahan

Jika Anda sering merasa lelah, ini bisa jadi tanda bahwa kadar kalsium dalam tubuh Anda rendah. Kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan kelemahan dan seseorang mungkin tidak dapat melakukan pekerjaan sehari-hari dengan mudah.

2. Kram otot

Seseorang mungkin mengalami kram otot, kejang otot dan bahkan kelemahan otot akibat kekurangan kalsium. Ini karena otot yang kekurangan kalsium tidak dapat mempertahankan fungsi normalnya.

3. Osteoporosis

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kepadatan tulang berkurang dan membuat tulang seseorang menjadi rapuh, sehingga ada peningkatan risiko patah tulang.

4. Kulit kering

Selain kurang terhidrasi, kulit kering juga dapat menjadi tanda kurangnya kalsium dalam tubuh. Saat kadar kalsium rendah, kulit Anda tidak dapat mempertahankan kelembaban dan pH yang sehat. Akibatnya, kulit Anda menjadi kering.

5. Masalah gigi dan gusi

Umumnya, penyakit gusi dan kerusakan gigi terjadi karena kekurangan kalsium dalam tubuh. Jadi, pastikan agar kadar kalsium Anda tercukupi dengan baik, untuk menghindari masalah pada gigi dan gusi.

6. Rakhitis

Rakhitis merupakan kondisi kelainan pertumbuhan tulang pada anak. Kadar kalsium yang rendah merupakan penyebab dari penyakit ini dan dapat mengakibatkan patah tulang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

susu tips sehat kalsium
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top