Seorang anak yang batuk, karena menghirup asap rokok di sekitarnya/Bisnis.com
Health

Waspada! Ini Efek Bahaya Asap Rokok Bagi Wanita dan Anak-Anak

Anshary Madya Sukma
Rabu, 11 Mei 2022 - 18:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bahaya dari asap rokok tidak hanya mengenai pelakunya saja, akan tetapi akan berbahaya juga pada orang sekitarnya.

Orang yang terpapar asap rokok biasanya disebut dengan perokok pasif, tentunya hal ini berbahaya karena dalam kandungan asap rokok terdapat nikotin dan berbagai macam racun. 

Dilansir Healthline pada Rabu (11/5/2022), menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang merupakan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang berbasis di Amerika, menyebutkan bahwa 58 juta orang Amerika yang bukan perokok masih terpapar asap rokok.

Sementara itu, World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa 1,2 juta kematian dini per tahun terkait dengan perokok pasif di seluruh dunia. 

Cara kerja penularan asap rokok ini terbentuk dari partikel yang sangat kecil sehingga lebih mudah terhirup oleh orang lain di sekitarnya. Lalu, berikut ini kemungkinan penyakit yang akan diderita oleh perokok pasif yang menyerang orang dewasa terkhususnya wanita hingga anak-anak:

Bahaya rokok bagi orang dewasa

1. Kanker Paru-paru

Non-perokok yang terpapar asap rokok orang lain semakin rentan terhadap kanker paru-paru. Risiko kanker paru-paru pada perokok pasif meningkat sekitar 20% hingga 30%. Perokok pasif diketahui menampung lebih dari 4000 bahan kimia, yang hampir 69 di antaranya diketahui menyebabkan kanker, terutama kanker paru-paru.

2. Asma 

Perokok bisa menyebabkan asma pada seseorang dan yang lebih parahnya jika asap rokok terpapar pada penderita asma karena dapat memperburuk penyakit tersebut.

3. Penyakit Koroner

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa perokok pasif memiliki risiko tinggi terserang penyakit koroner, seperti penyakit arteri koroner dan penyakit jantung bawaan. 

4. Penyakit Kardiovaskular

Menurut CDC sekitar 25 – 30 persen memiliki risiko terkena penyakit Kardiovaskular

Juga ditambah dengan resiko lebih tinggi terkena stroke dan paparan asap dapat memperburuk kasus tekanan darah tinggi yang sudah ada sebelumnya.

5. Serangan jantung 

Asap rokok yang dihirup oleh perokok pasif dapat menyebabkan darah menjadi lengket, sehingga sistem akan pernapasan terganggu dan salah satunya membuat arteri tersumbat yang akan menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

6. Kematian Prematur Untuk Ibu Hamil

Untuk wanita hamil yang terpapar asap rokok akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kompilasi internal yang mengakibatkan kematian dini atau Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS)  dalam kandungan. Hal ini bisa terjadi lantaran kurangnya jumlah oksigen yang tersedia untuk ibu dan bayi ketika menghirup asap rokok. 

Bahaya asap rokok bagi bayi & anak-anak

1. Berat Badan Rendah 

Asap rokok bisa mempengaruhi berat badan bayi relative rendah dan ini dapat berakibat fatal pada kebanyakan kasus. Walaupun pada kasusnya tidak terjadi apa-apa saat bayi, akan tetapi dimasa depan anak akan rentan terhadap sejumlah besar masalah kesehatan.

2. Masalah pendengaran 

Seorang anak yang terpapar asap rokok pada usia sangat muda kemungkinan besar akan mengalami tuli. Sebab, asap memberi dampak infeksi telinga tengah dan glue-ear yang dapat menyebabkan kesulitan pendengaran.   

3. Kekebalan Tubuh Menurun

Kekebalan anak akan rendah bila terpapar asap rokok, karena dengan menghirup asap rokok menyebabkan sebagian sistem kekebalan tubuh mereka tidak berfungsi. Tentunya hal ini dapat menyebabkan seringnya anak-anak akan jatuh sakit dikemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro