Tebet Eco Park/Instagram
Travel

Jadi Tujuan Berlibur, Ini 8 Fasilitas Tebet Eco Park

Newswire
Selasa, 17 Mei 2022 - 12:59
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Usai direvitalisasi, Tebet Eco Park yang terletak di Jakarta Selatan tidak saja kian populer, namun juga banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur.

Tak hanya menawarkan keasrian di tengah hiruk-pikuk kota, taman seluas 7,3 hektare ini juga menyediakan wahana rekreasi dan edukasi.

Hal tersebut sesuai dengan konsepnya yang mana mengusung harmonisasi antara fungsi ekologi, sosial, edukasi, dan rekreasi. Dengan mengusung slogan Connecting People with Nature, berikut fasilitas di Tebet Eco Park.

1. Infinity link bridge

Zona ini dirancang untuk menyambungkan taman utara dan selatan yang sebelumnya dipisahkan oleh Jalan Tebet Timur.

Terdapat jembatan setinggi enam meter berdiri di antara pepohonan yang menjulang tinggi. Dikutip dari laman tebetecopark.id, penataan vegetasi di sekitar kawasan ini didesain dengan berbagai tone yang terinspirasi dari pohon Leda.

2. Children playground

Children playground hadir dengan memanfaatkan perbedaan kontur dan dinding eksisting yang ada pada tapak. Perbedaan kontur ini lalu digunakan sebagai elemen playground berupa perosotan yang terintegrasi dengan tapak.

3. Forest buffer

Forest Buffer didesain berdekatan dengan Community Garden sebagai pendukung kegiatan sosial yang lebih santai. Di sini, pengunjung dapat berjalan di bawah rindangnya pohon dan menikmati alam sekitar. Signage-signage pohon dan fakta-fakta menarik pun disediakan untuk mengedukasi pengunjung.

4. Thematic garden

Zona ini terletak di bawah Infinity Link Bridge yang mengantar dan menyambut pengunjung yang akan naik atau baru turun.

Terletak di sebelah aliran sungai, area taman ini cocok untuk menempatkan instalasi seni oleh seniman lokal dan dijadikan spot area berfoto.

5. Community garden

Kawasan ini adalah wadah bagi komunitas lokal untuk beraktivitas/bercocok tanam, serta untuk kegiatan edukasi berkebun bagi anak-anak sekolah maupun umum. Zona inilah yang dahulunya merupakan Taman Bibit.

6. Community lawn

Fasilitas ini memanfaatkan area terbuka yang dikelilingi pohon bunga kupu-kupu atau bauhinia purpurea.

Community Lawn mengakomodasi kegiatan publik yang lebih intim dan berkelompok-kelompok. Hal ini diakomodasi dengan desain gundukan-gundukan tanah berumput yang memecah area luas itu menjadi beberapa ruang yang lebih kecil dan private, namun tetap dalam kesatuan lanskap.

7. Plaza

Plaza ini juga berperan sebagai landmark area utara Taman Tebet. Terletak di area utara, perencanaan/peletakan TEP Plaza ini mempertimbangkan hasil studi dan analisis tapak terkait kondisi sosial-masyarakat, yakni penjual tanaman yang berbaris di sepanjang trotoar Taman Tebet utara.



8. Wetland boardwalk

Zona ini merupakan sistem natural yang didesain untuk pengendalian banjir dan meningkatkan kualitas air dengan menggunakan tanaman-tanaman yang dapat mendukung pemurnian air. Air yang keluar dari Taman Tebet bagian utara adalah air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro