Srimulat: Hil yang Mustahal
Entertainment

Ini 10 Tokoh Ikonik dalam Film Srimulat: Hil yang Mustahal

Luke Andaresta
Senin, 30 Mei 2022 - 19:51
Bagikan

5 Tokoh Srimulat yang Ikonik Lainnya

6. Basuki

Agus Basuki atau yang lebih dikenal Basuki adalah seorang seniman asal Semarang. Ayahnya, Pete alias Suwito, adalah mantan anggota Srimulat. Basuki mengawali perjalanan berkeseniannya dengan bergabung dalam kelompok wayang orang Sri Wanito Semarang.

Pada 1981, akhirnya dia mengikuti jejak sang ayah untuk bergabung dengan Srimulat. Namun, pada 1986, dia memutuskan hengkang dari Srimulat dan membentuk grup sendiri bersama Kadir, Timbul, Nurbuat, dan Rohana. Dalam film, sosok Basuki diperankan oleh Elang El Gibran.

7. Tarzan

Memiliki nama asli Toto Muriadi, Tarzan bergabung dengan Srimulat pada 1979. Lantaran postur badannya yang tinggi, Tarzan sering memerankan karakter kalangan atas seperti majikan, pejabat, jenderal hingga raja atau prabu, yang sering memberikan nasihat-nasihat dengan dicampuri lawakan. Dalam film, sosok Tarzan diperankan oleh Ibnu Jamil.

8. Tessy

Memiliki nama asli Kabul Basuki. Ia bergabung dengan Srimulat pada 1979 di Surabaya. Nama panggungnya diambil dari nama putri sulungnya sendiri, Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik.

Sebelum menjadi pelawak, Tessy adalah anggota KKO TNI Angkatan Laut atau setara Korps Marinir. Ciri khas pelawak satu ini adalah peran waria yang kerap dimainkannya, kosmetik, tebal, bibir monyong dan cincin batu akik bermata besar yang banyak menghiasi jarinya. Gaya kemayunya yang populer ini berawal dari improvisasi spontan saat memerankan karakter hansip. Di sini, sosok Tessy diperankan oleh Erick Estrada.

9. Nunung

Nunung yang bernama asli Tri Retno Prayudati memulai kariernya di Srimulat berawal dari diajak oleh sang tante, Djudjuk Djuariah. Nunung ikut Srimulat dari panggung ke panggung bersama Bu Djudjuk sejak usia 12 tahun sebagai penyanyi pembuka lawak.

Saat usianya menginjak 15 tahun, dia lalu dipindah untuk menjadi pelawak seutuhnya. Sukses bersama Srimulat, nama Nunung semakin melejit ketika bermain dalam serial Si Doel Anak Sekolahan di RCTI. Dalam film ini, sosok Nunung diperankan oleh Zulfa Maharani.


10. Paul

Pemilik nama lengkap Paul Polii ini adalah anggota Srimulat yang sering berperan sebagai drakula dalam setiap penampilannya. Selain aktif menjadi pelawak, ia juga pernah bermain dalam sejumlah film layar lebar, seperti Gepeng Bayar Kontan (1983), Bintang Kejora (1986), dan Jangan Bilang Siapa-Siapa (1990). Dalam film, sosok Paul diperankan oleh Morgan Oey.

-----

Berita ini telah tayang di Hypeabis.id dengan judul "Mari Berkenalan dengan 10 Tokoh Ikonik dalam Film Srimulat: Hil yang Mustahal"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Sumber : JIBI/Hypeabis.id
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro