Ilustrasi fase folikuler saat menstruasi. Penting diketahui bagi wanita yang sedang program hamil/Freepik
Health

10 Cara Hilangkan Sakit Kram Akibat Menstruasi

Nabila Dina Ayufajari
Kamis, 9 Juni 2022 - 19:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Kram menstruasi bisa saja dirasakan oleh sebagian perempuan, menjelang masa datang bulan. Terkadang, kram ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, ada juga perempuan yang mengalami kram menstruasi dengan gejala mual, muntah, sakit kepala, dan pingsan. Gejala  kram menstruasi ini, tidak bisa diabaikan dan diangkap sepele.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit kram menstruasi. Lakukan beberapa gerakan ringan dan konsumsi beberapa makanan dan minuman secara alamiah.

Dikutip dari Times of India pada Senin (6/6/2022), ada beberapa pengobatan rumahan yang benar-benar dapat membantu mengatasi kram menstruasi. Simak 10 caranya berikut ini:

1. Konsumsi jamu dan minuman herbal

Herbal dikatakan anti-inflamasi di alam. Ini juga mengandung senyawa anti-spasmodik yang dapat meredakan rasa sakit yang terkait dengan kontraksi otot yang terjadi selama menstruasi. Berbagai herbal, seperti biji adas, kayu manis, dan jahe bisa membantu meringankan rasa sakit.

2. Perbanyak minum air putih

Jangan mengurangi asupan air Anda. Tetap terhidrasi benar-benar akan membantu Anda mengurangi rasa sakit kram. Dehidrasi dapat memperburuk rasa sakit dari kram menstruasi.

3. Kompres air hangat

Kompres air hangat banyak digunakan untuk meredakan kram. Panas membantu dalam sirkulasi darah yang tepat di daerah perut dan mengurangi rasa sakit. Lilitkan kompresan air hangat di sekitar perut untuk menjaga daerah perut tetap hangat dalam durasi yang lebih lama.

4. Pijat dengan minyak esensial

Minyak esensial, seperti lavender, mawar, cengkeh, dan kayu manis dapat membantu meredakan kram saat dipijat di perut. Para ahli menyarankan untuk menggunakan minyak dasar seperti minyak kelapa dengan minyak esensial untuk memaksimalkan efek pijatan pada kram.

5. Hindari makanan asin dan kafein

Makanan yang dapat menyebabkan retensi air harus dihindari karena dapat menyebabkan kembung dan menambah rasa sakit saat menstruasi. Makanan asin, makanan berlemak, kafein, dan alkohol harus dihindari selama menstruasi. Sebaliknya Anda harus makan buah-buahan dan sayuran segar, serta ikan berlemak selama menstruasi.

6. Coba pose yoga

Beberapa pose yoga benar-benar dapat membantu Anda selama menstruasi. Ini mudah dilakukan dan dapat meredakan rasa sakit Anda. Anda dapat mencoba cat-cow pose, child's pose, plank pose, dan cobra pose selama menstruasi untuk bantuan cepat.

7. Jangan begadang

Mereka yang memiliki masalah tidur dapat mengalami komplikasi kesehatan yang parah, salah satunya adalah kram periode nyeri yang ekstrem. Sangat penting untuk mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik setiap hari.

8. Minum kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya efektif melawan kram. Senyawa bioaktif, kurkumin yang ada dalam kunyit benar-benar bekerja melawan kram menstruasi. Selama menstruasi, Anda dapat meningkatkan asupan kunyit, dengan memasukkan sejumput kunyit ke dalam segelas air hangat.

9. Latihan aerobik

Latihan aerobik intensitas rendah dapat mengurangi kram menstruasi. Latihan, seperti bersepeda, jalan cepat, menari lambat juga dapat membantu mengatasi kram menstruasi.

10. Duduk di dalam bak mandi hangat

Duduk di dalam bak mandi hangat atau berendam di dalamnya dapat menghilangkan rasa sakit dari tubuh. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial atau garam epsom ke dalamnya. Para ahli merekomendasikan duduk di pemandian air panas selama minimal 15 menit dapat membantu meringankan rasa sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro