Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jus Bit Bantu Cegah Peradangan pada Pasien Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah jenis penyakit jantung yang paling umum, penyebab paling umum dari serangan jantung dan pembunuh tunggal terbesar baik pria maupun wanita di seluruh dunia.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 11 Juni 2022  |  12:11 WIB
Jus Bit Bantu Cegah Peradangan pada Pasien Penyakit Jantung Koroner
Buah Bit.

Bisnis.com, JAKARTA — Penelitian menunjukkan segelas jus bit setiap hari mengurangi peradangan berbahaya pada orang dengan penyakit jantung koroner, karena dapat meningkatkan kadar oksida nitrat.

Penyakit jantung koroner adalah jenis penyakit jantung yang paling umum, penyebab paling umum dari serangan jantung dan pembunuh tunggal terbesar baik pria maupun wanita di seluruh dunia.

Dikutip dari The Guardian, orang dengan kondisi ini memiliki kadar oksida nitrat yang lebih rendah, yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan sangat penting untuk kesehatan yang baik. Selain perannya dalam mengatur tekanan darah, dia memiliki efek anti-inflamasi yang penting.

Peradangan sangat penting untuk melindungi tubuh dari cedera dan infeksi. Namun, pada orang dengan penyakit jantung koroner, peradangan terus-menerus dapat memperburuk bulu arteri, memperburuk kondisi mereka dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Para peneliti menyelidiki apakah jus bit setiap hari yang mengandung nitrat anorganik akan meningkatkan kadar oksida nitrat, dan apakah ini akan mempengaruhi peradangan.

Para relawan minum 140ml jus bit setiap pagi selama tujuh hari. Setengahnya minum jus yang mengandung nitrat tinggi, sementara setengahnya lagi minum jus yang nitratnya sudah dihilangkan.

Pada kelompok yang diberi vaksin tipus, mereka yang minum jus bit yang kaya nitrat memiliki tingkat penanda oksida nitrat yang lebih tinggi dalam darah, urin, dan air liur mereka dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi jus dengan nitrat dihilangkan.

Jus nitrat yang tinggi juga muncul untuk mengembalikan fungsi endotelium, sel-sel yang melapisi bagian dalam semua pembuluh darah. Endotelium sangat penting untuk menjaga pembuluh darah berfungsi normal, tetapi ini hilang dalam peradangan.

Para peneliti juga menemukan bahwa lepuh sembuh lebih cepat pada kelompok yang minum jus bit kaya nitrat, dan jumlah sel darah putih inflamasi dalam sampel cairan yang diambil dari lepuh mereka lebih rendah setelah tiga hari.

Para peneliti percaya bahwa peningkatan kadar oksida nitrat membantu mempercepat seberapa cepat para sukarelawan dapat pulih dari peradangan dengan mengganti sel-sel kekebalan utama dari keadaan yang mendorong peradangan ke keadaan yang lebih anti-inflamasi. Mereka menyarankan ini bisa memiliki manfaat bagi jutaan orang dengan penyakit jantung koroner.

Uji klinis sekarang sedang direncanakan untuk melihat apakah diet tinggi nitrat menghasilkan efek yang sama dengan yang terlihat pada sukarelawan sehat, dan apakah ini dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Penelitian terpisah yang dipresentasikan pada konferensi tersebut mengungkapkan bahwa perubahan di area otak yang terkait dengan emosi telah diidentifikasi pada orang dengan sindrom Takotsubo, kadang-kadang dikenal sebagai sindrom patah hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jantung penyakit jantung serangan jantung sakit jantung Jus Buah penyakit jantung koroner
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top