Secangkir teh hijau baik untuk cegah kanker/istimewa
Health

Ini Lho Teh yang Baik untuk Pasien Kanker

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 12 Juni 2022 - 09:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teh sudah diketahui memiliki efek menenangkan yang banyak dinikmati orang di pagi hari atau di malam hari.

Anda mungkin juga tahu bahwa ada banyak pilihan teh seperti teh lemon, teh valerian, dan teh oolong, yang semuanya bagus untuk menurunkan berat badan.

Namun, ada satu jenis teh yang bagus dan ampuh untuk mencegah sekaligus pengobatan kanker.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh JAMA Dermatology, 165 pasien kanker payudara yang berusia rata-rata 46 tahun dan yang menjalani perawatan radiasi berpartisipasi dalam uji coba buta.

Setelah dibagi menjadi dua kelompok, separuh dari pasien diberi plasebo sementara separuh lainnya diminta untuk menggunakan larutan yang mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang ditemukan dalam teh hijau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan larutan EGCG lebih kecil kemungkinannya untuk menderita dermatitis akibat radiasi (RID) yang parah.

"Ekstrak teh hijau dan bahan aktif utamanya, EGCG, mendapat perhatian dengan meningkatnya penggunaan untuk kerusakan akibat radiasi," kata penulis penelitian, dilansir dari Eat This.

"Saya pikir ini adalah penelitian yang luar biasa karena dengan jelas menunjukkan bahwa intervensi yang murah dan aman (menerapkan EGCG ke kulit) mengurangi efek samping umum dari radiasi," Dr. Ellen Albertson, PhD, RDN, NBC-HWC, dan The Midlife Whisperer™ di Tiger Wellness, LLC.

Dr. Albertson menjelaskan bahwa teh hijau kaya akan polifenol yang memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mengurangi kemerahan, iritasi, dan pembengkakan pada kulit, yang merupakan "semua sisi umum efek radiasi."

Namun, Dr. Albertson juga mencatat bahwa "jika Anda menjalani kemoterapi," Anda harus yakin untuk "berbicara dengan dokter Anda, karena teh hijau mengandung ekstrak yang dapat mengganggu seberapa baik obat kemoterapi bekerja."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro