Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Mengatasi Buang Air Besar (BAB) Tidak Teratur

Bila Anda buang air besar tidak teratur, maka perbanyak minum air putih. Kenali gejala sembelit yang dapat menyebabkan komplikasi, seperti wasir.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  14:15 WIB
Tips Mengatasi Buang Air Besar (BAB) Tidak Teratur
Saluran pencernaan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sembelit adalah istilah medis untuk orang yang tidak buang air besar secara teratur atau sulit buang air besar. Biasanya timbul gejala termasuk merasa kembung atau sakit perut.

Sembelit tidak selalu memiliki penyebab yang jelas. Namun, ini sering terjadi karena seseorang tidak cukup makan serat, minum cairan, atau berolahraga. Stres atau perubahan rutinitas juga dapat menyebabkan sembelit, dan ini bisa menjadi efek samping dari beberapa obat.

Tips Buang Air Besar yang Sehat

Konsumsilah makanan berserat tinggi, serta minum banyak air, maka buang air besar secara teratur dapat membantu mencegah sembelit.

Mengonsumsi Serat

Diet yang mengandung cukup serat dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dua jenis serat yang penting untuk diet, yaitu serat larut dan tidak larut.

Sumber serat larut, seperti buah, gandum, dan kacang-kacangan. Sementara, serat tidak larut datang dari pasta gandum, roti, sereal, kulit buah-buahan dan sayuran (seperti kentang atau apel), serta beras merah.

Air Minum

Minum cukup air membantu melunakkan tinja sehingga membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Rekomendasi jumlah air yang harus diminum orang dewasa bervariasi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tidak memberikan rekomendasi untuk berapa banyak air putih yang harus dikonsumsi orang dewasa setiap hari, sedangkan Layanan Kesehatan Nasional (NHS) di Inggris menunjukkan bahwa rata-rata orang dewasa harus minum 6-8 gelas air per hari.

Buang Air Besar yang Teratur

Bertujuan untuk buang air besar pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu beberapa orang untuk buang air besar secara teratur. Seseorang harus mencoba untuk pergi ketika dorongan pertama kali datang. Menunda buang air besar menyebabkan tubuh menyerap kembali air, yang menyebabkan tinja lebih keras dan lebih sulit untuk dikeluarkan.

Tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan, jadi seseorang harus membiarkan beberapa waktu berlalu sebelum mencoba untuk buang air besar setelah makan. Waktu makan yang teratur juga membantu buang air besar secara teratur.

Memberikan cukup waktu untuk menggunakan kamar mandi dan menjadikannya ruang santai dapat membantu. Stres bisa membuat Anda sulit buang air besar saat dibutuhkan.

Akan tetapi, Anda perlu konsultasi ke dokter jika:

1. Buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu

2. Kotoran keras atau kering

3. Sulit untuk buang air besar karena tinja lebih besar dari biasanya

4. Buang air besar terasa sakit.

Gejala di atas harus segera mendapat penanganan yang tepat karena sembelit dapat menyebabkan komplikasi, seperti wasir.

Tidak dapat buang air besar secara teratur juga dapat menandakan kondisi medis yang mendasarinya. Orang yang mengalami gejala berikut, selain tidak bisa buang air besar secara teratur, sebaiknya konsultasikan juga dengan dokter:

1. Darah dalam tinja

2. Memiliki perut kembung untuk waktu yang lama

3. Sering merasa lelah

4. Penurunan berat badan yang tidak terduga

5. Sakit atau ketidaknyamanan perut yang persisten atau sering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wasir Sembelit pencernaan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top