Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buang Air Besar Normal Berapa Kali Sehari? Ini Cara Atasi Sembelit

Serat menjadi kebutuhan tubuh, khususnya saluran pencernaan agar mudah buang air besar tanpa ngeden.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  13:05 WIB
Buang Air Besar Normal Berapa Kali Sehari? Ini Cara Atasi Sembelit
Anak Sembelit - ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang memiliki frekuensi yang berbeda dan bervariasi saat ingin buang air besar. Namun, para ahli menganggap kisaran yang sehat adalah dari tiga kali per minggu hingga tiga kali per hari.

Namun, bagaimana jika seseorang mengalami kesulitan untuk buang air besar? Ada cara alami untuk membantu buang air besar tetap sehat dan teratur.

Melansir dari Medical News Today pada Rabu (15/6/2022), ini rangkuman solusinya untuk Anda:

Obat Alami untuk Atasi Sembelit

Seseorang dapat mencoba beberapa solusi alami untuk mendorong buang air besar. Di bawah ini adalah beberapa tindakan yang harus dilakukan, makanan dan minuman untuk dicoba, dan pengobatan herbal yang dapat membantu mengatasi sembelit.

Tindakan yang Bisa Dilakukan

1. Olahraga

Olahraga dapat merangsang otot-otot di bagian bawah sistem pencernaan. Berjalan cepat, joging, memilih beberapa bentuk olahraga lain dapat mendorong buang air besar.

2. Relaksasi dan postur

Tidak bisa buang air besar saat diinginkan bisa membuat stres. Terlalu mengejan atau memaksa tubuh untuk buang air besar merupakan tindakan yang tidak sehat. Jadi, cobalah untuk rileks dan meluangkan waktu yang cukup.

Mengangkat lutut di atas pinggul dapat mempermudah buang air besar. Mengistirahatkan kaki di atas balok atau bangku saat duduk di toilet adalah salah satu cara mengangkat lutut.

• Makanan, Minuman, dan Pengobatan yang Bisa Dikonsumsi

1. Plum

Buah kering ini merupakan sumber serat yang bagus. Serat sangat baik bagi sistem pencernaan. Makan beberapa buah plum dapat membantu mendorong buang air besar.

2. Senna

Senna adalah tanaman, beberapa orang menggunakan daun dan buahnya sebagai pencahar alami atau mengatasi sembelit. Ramuan ini membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk bekerja. Beberapa orang memilih untuk meminum senna sebelum tidur, yang memungkinkan obat bekerja semalaman. Seringkali, ini menyebabkan buang air besar di pagi hari.

Senna merupakan zat alami yang telah digunakan orang selama berabad-abad untuk meredakan sembelit sementara. Namun, penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan yang membutuhkan peningkatan dosis untuk mendapatkan efek yang sama. Penggunaan jangka panjang tidak dianjurkan dan dapat memiliki efek samping ireversibel pada saluran pencernaan.

3. Buah Kiwi

Buah kiwi kaya akan serat, dan penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa buah kiwi dapat membantu pencernaan. Ini berarti bahwa buah kiwi bisa menjadi pencahar alami yang bermanfaat untuk dicoba.

4. Kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu orang untuk buang air besar. Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa kopi tanpa kafein dikaitkan dengan pengurangan waktu buang air besar setelah operasi usus.

Sementara, studi tahun 2017 menunjukkan bahwa kopi berkafein mungkin memiliki efek pencahar pada beberapa orang. Belum jelas alasan kopi memiliki efek ini, tetapi minum secangkir dapat membantu seseorang buang air besar.

5. Minyak biji rami

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa minyak biji rami bekerja dengan baik dalam mengobati sembelit. Peneliti dalam studi ini mengonsumsi 4 mililiter (ml) minyak biji rami per hari. Oleh karena itu, orang sembelit bisa coba mengonsumsi minyak biji rami sebagai suplemen yang biasanya berbentuk kapsul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat Sembelit pencernaan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top