The Merge by Pak. NFT termahal di dunia/Google
Entertainment

5 NFT Termahal⁠ di Dunia, Ada yang Dibanderol Rp1,3 Triliun!

Nabila Dina Ayufajari
Kamis, 16 Juni 2022 - 18:31
Bagikan

Ini NFT Paling Mahal Se-Dunia

3. Clock: US$52,7 Juta

Ada banyak NFT di luar sana yang telah dijual untuk tujuan amal, salah satunya "Clock" milik Pak. Karya ini terjual dengan harga US$52,7 juta atau Rp777,4 miliar pada Februari 2022 dan menggambarkan penghitung waktu yang mewakili berapa hari pendiri Wikileaks Julian Assange telah dihabiskan di penjara.

Sifat amal NFT ini berbicara kepada banyak orang, dan lebih dari 10.000 pengguna dari organisasi yang dikenal sebagai AssangeDAO mengumpulkan dana mereka untuk membeli "Clock" Pak untuk mendukung Assange dalam upayanya untuk kebebasan. Keuntungan tersebut diberikan kepada dana pembelaan Assange, memberinya kesempatan yang lebih baik untuk dibebaskan.

2. Everydays: The First 5000 Days (US$69,3 Juta)

Kreator digital Mike Beeple Winkelmann atau dikenal Beeple "Everydays: The First 5000 Days" sekarang berdiri sebagai NFT termahal kedua yang pernah dijual, di samping "The Merge" milik Pak. "Everydays" terjual dengan harga US$69,3 Juta atau Rp1 triliun di lelang seni digital pertama Christie's pada 11 Maret. Ini menandai pertama kalinya sebuah rumah lelang besar menjual NFT digital murni.

Beeple telah memposting gambar secara online setiap hari sejak 2007. NFT "Everydays" adalah kolase rumit dari lebih dari 5000 gambar yang dibuat dan dibagikan Beeple selama 13 tahun terakhir dengan mewakili perkembangan seni dan teknologinya dari waktu ke waktu.

Gambar "Everydays" menggambarkan obsesi dan ketakutan masyarakat terhadap teknologi. Dengan "Everdays," Beeple memegang perbedaan karena telah menciptakan karya termahal ketiga yang pernah dijual di lelang.

1. The Merge (US$91,8 Juta)

Karya "The Merge" milik Murat Pak atau dikenal Pak, dijual kepada 28.983 pembeli kolektif seharga US$91,8 juta atau Rp1,3 triliun (Kurs Rp14.752) pada Desember 2021. Hal ini menjadikannya karya seni termahal yang pernah dijual saat ini.

Anda mungkin bertanya-tanya alasan NFT ini dijual kepada puluhan ribu pembeli individu. Tentu saja, karya seni biasanya dibeli oleh satu kolektor saja, tetapi lelang NFT ini dirancang untuk memungkinkan pengguna membeli bagian-bagian kecil dari karya Pak, mulai dari US$575 atau Rp8,4 juta. Setiap enam jam, harga setiap bagian meningkat sebesar US$25 atau Rp368 ribu, dengan mendorong pembelian awal.

Secara total, lebih dari 300.000 unit individu NFT ini terjual dengan menambahkan hingga US$91,8 juta atau Rp1,3 triliun. Popularitas Pak yang semakin meningkat tentu saja berkontribusi pada peningkatan nilai karya-karyanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro