Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

14 Jenis Benjolan di Kulit, Mulai dari Kista Hingga Lipoma

Keloid adalah benjolan jaringan parut yang tumbuh melewati batas luka. Ini terus tumbuh berminggu-minggu setelah kulit Anda sembuh.
1

Keloid hingga Kutil

Kutil - Istimewa
Kutil - Istimewa
Bagikan

1. Keloid

Keloid adalah benjolan jaringan parut yang tumbuh melewati batas luka. Ini terus tumbuh berminggu-minggu setelah kulit Anda sembuh. Lebih umum pada kulit gelap, keloid dapat terbentuk di mana saja, tetapi seringkali berada di daun telinga, bahu, punggung atas, dada, atau pipi. Tidak berbahaya, tetapi jika salah satu terlalu besar atau gatal, Anda dapat mengobati atau menghilangkannya.

2. Skin Tag

Skin tag adalah pertumbuhan kecil kulit dengan tonjolan di ujungnya. Biasanya terbentuk di tempat-tempat di mana kulit Anda bergesekan, seperti leher, ketiak, atau selangkangan. Sebagian besar, tidak perlu dikhawatirkan tetapi jika itu menyakitkan, berdarah, atau teriritasi, tunjukkan kepada dokter Anda. Dapat dibekukan atau dipotong menggunakan arus listrik ringan untuk melepaskannya.

3. Kista Kulit

Kantung kecil di bawah kulit Anda ini diisi dengan kerati, protein yang lembut seperti keju. Benjolan yang tumbuh lambat terbentuk ketika folikel rambut atau kelenjar minyak tersumbat atau rusak. Sebagian besar kista kulit jinak (bukan kanker) dan tidak memerlukan perawatan kecuali jika menyakitkan, bocor, atau mengganggu Anda.

4. Urtikaria

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bekas gatal dan bengkak ini seperti alergi, infeksi, sinar matahari, olahraga, stres, atau penyakit. Benjolan bervariasi dalam ukuran dan dapat bergabung untuk membentuk yang lebih besar. Sering memudar dalam sehari, tetapi yang baru dapat muncul saat yang lama hilang. Antihistamin atau steroid dapat membantu.

5. Dermatitis atopic

Dermatitis atopik, atau eksim, terkadang menyebabkan benjolan kecil gatal yang bisa mengeluarkan cairan. Tidak jelas apa yang menyebabkan kondisi jangka panjang ini, tetapi gen dapat berperan. Ini juga terkait dengan alergi dan asma. Dokter mengobati dengan krim, pil, dan suntikan untuk membantu meredakan peradangan.

6. Kutil

Kutil bisa muncul di tangan, wajah, kaki, dan anggota badan Anda. Semua disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), tetapi jenis yang berbeda hanya mempengaruhi bagian tubuh tertentu. Anda dapat menyebarkannya ke orang lain atau area kulit baru dengan sentuhan. Kutil dapat hilang dengan sendirinya, tetapi pengobatan menghentikan penyebarannya.

7. Pseudofolliculitis barbae/Folikulitis

Pseudofolliculitis barbae adalah respons inflamasi terhadap pencukuran. Rambut pendek "terjebak" di kulit, menyebabkan jerawat dan terkadang infeksi. Ini lebih sering terjadi pada pria. Folikulitis terjadi ketika bakteri menginfeksi folikel rambut, seringkali di leher, paha, ketiak, atau bokong. Ini menyebabkan benjolan kecil berwarna merah atau jerawat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top