Ilustrasi perempuan mencari jodoh di aplikasi kencan atau dating apps
Relationship

10 Tips Untuk Menemukan Jodoh

Alifian Asmaaysi
Sabtu, 2 Juli 2022 - 17:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jodoh masih menjadi misteri. Perjalanan panjang ditempuh hingga tak jarang menyisakan luka yang mendalam. Saat ini, Anda pasti bertanya-tanya siapakah kelak yang menjadi jodoh Anda bukan?

Untuk semakin mendekatkan diri dengan kehadiran sang belahan jiwa, berikut 10 hal yang bisa dilakukan.

Sebaiknya tidak terburu-buru dalam menentukan belahan jiwa, terkadang faktor lain seperti usia yang semakin dewasa menjadi salah satu alasan yang mendorong diri untuk segera mencoba mencarinya.

Namun, menentukan jodoh bukanlah perkara yang ringan. Karena Anda harus selektif memilih pasangan yang nantinya akan menemani Anda mengarungi seluruh sisa hidup Anda. 

Terlebih lagi, jika harus menemukan satu dari ratusan juta orang, proses nya pasti akan sangat panjang dan membingungkan. Ada beberapa tips untuk menemukan jodohmu.

Simak 10 cara untuk menemukan jodoh:

1. Tentukan Kriteria yang Sesuai dengan Visi dan Misi Hidup Anda Kedepan

Yang pertama harus dilakukan adalah, Anda perlu untuk mengetahui secara pasti kriteria calon pasangan yang ideal untuk Anda dan semua mimpi Anda kedepannya. 

Ketahui semua kualitas yang Anda inginkan dari calon pasangan hidup. Meskipun, membuat daftar kriteria calon pasangan terkesan seperti membuang-buang waktu dan konyol, cinta berjalan secara misterius.

Semakin dewasa, Anda tidak lagi jatuh hati karena parasnya yang rupawan saja. Akan ada faktor lain yang dapat mempengaruhi daya ketertarikan Anda, seperti bagaimana seseorang memandang dunia bahkan bagaimana seseorang memperlakukan keluarganya.

Ketahui apa yang anda inginkan dan tuangkan ke dalam sebuah tulisan. Percaya atau tidak, menempatkan pikiran Anda ke dalam kata-kata tertulis juga akan memungkinkan Anda untuk mengamati secara visual sifat-sifat yang Anda inginkan dari seorang pasangan dan dapat membantu Anda membayangkan seperti apa pasangan ideal Anda nantinya.

2. Perluas jaringan relasi sosial

Konsep jodoh yang sarat akan misterius membuat Anda tidak tahu siapa dan dimana jodoh Anda berasal. Selain itu, jodoh juga tidaklah datang dengan sendirinya, sehingga Anda perlu semakin memperluas langkah kaki Anda untuk menelisik dimana keberadaanya. 

Untuk menarik dan bertemu dengan sang belahan jiwa, Anda harus bersedia menunjukkan warna asli Anda tanpa malu-malu dan takut akan konsekuensinya. 

3. Cintai dirimu terlebih dahulu

Anda tidak mungkin mendapatkan cinta jika tidak memiliki rumah di hati Anda terlebih dahulu, jadi pastikan untuk mencintai diri sendiri sekarang.

Mungkin pertanyaan mulai terbesit, bagaimana caranya melakukan ini? Sederhana saja, mencintai diri sendiri dapat dilakukan mulai dari menerima diri sendiri, berbaik hati pada diri sendiri, dan menghargai diri sendiri. 

Perlu menjadi catatan, mencintai diri sendiri berbeda halnya dengan sombong atau arogan. Mencintai diri sendiri memiliki arti bahwa Anda cukup menghargai diri sendiri untuk memiliki kepercayaan pada segala potensi yang ada pada diri Anda. 

4. Buatlah komitmen untuk memahami diri Anda sepenuhnya

Sama seperti mencintai diri sendiri, Anda tidak dapat memahami orang lain atau mengharapkan mereka untuk memahami Anda jika Anda belum melakukan refleksi mendalam. 

Anda harus menggali lebih dalam dan mengungkap semua rahasia yang bahkan mungkin belum Anda ketahui tentang diri Anda sebelumnya. 

Untuk menarik belahan jiwa Anda, Anda harus menghargai dan menyadari orang seperti apa Anda dulu, siapa Anda sekarang, dan tipe orang yang Anda inginkan. 

5. Jangan menutup diri

Akan sulit untuk bertemu pasangan Anda jika Anda selalu menutup diri pada situasi atau peluang baru. 

Jika Anda sering melakukan ini, berlatihlah untuk lebih membuka diri terhadap kehidupan. Cobalah keluar dari zona nyaman Anda. Mulai lakukan hal yang Anda sukai, bergabunglah dengan kelas dansa yang Anda impikan, atau bahkan jangan sungkan untuk bertemu dengan teman baru dan melakukan makan siang bersama. Hidup dimaksudkan untuk dinikmati dan dijalani, jadi mulailah hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro