Kelebihan dan Manfaat Olahraga di Malam Hari
Health

Kelebihan dan Manfaat Olahraga di Malam Hari

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 14 Juli 2022 - 09:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Mungkin Anda sering mendengar ucapan bahwa olahraga terbaik adalah di pagi hari.

Tapi, banyak orang yang tidak bisa melakukan olahraga di pagi hari karena kesibukannya.

Sehingga mereka memilih berolahraga di malam hari sepulang kerja.

Bagi Anda yang termasuk orang berolahraga malam hari jangan khawatir, ternyata ada beberapa manfaat dan kelebihan dari olahraga malam seperti dilansir dari planetfitness berikut ini:

1. Meningkatkan kekuatan otot

Jika tujuan Anda adalah untuk menjadi lebih kuat dan memanfaatkan kekuatan otot maksimum, Anda mungkin ingin merencanakan latihan di kemudian hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science & Medicine, puncak kinerja otot terjadi pada sore dan malam hari karena fluktuasi kadar hormon dan suhu inti tubuh. Berdagang dalam rutinitas angkat besi pagi Anda untuk sesi latihan di kemudian hari bisa menjadi kunci untuk menikmati beberapa manfaat!

2. Bisa fokus lebih baik

Pergi ke gym larut malam memungkinkan Anda menghindari keramaian dan fokus pada apa yang harus Anda lakukan (dengan lebih sedikit gangguan dan penundaan). 

3. Memiliki energi lebih

Penelitian telah menunjukkan bahwa kita dapat berolahraga hingga 20 persen lebih lama [saat berolahraga] di malam hari, dan dengan intensitas yang lebih tinggi." Ini berarti Anda mungkin akan menemukan lebih banyak energi untuk latihan kardio dan kekuatan di malam hari, daripada di pagi hari.

4. Membantu tidur lebih nyenyak

Menurut The Washington Post, olahraga membantu Anda tidur lebih nyenyak dan lebih lama, tidak peduli jam berapa Anda berolahraga. Faktanya, berolahraga setelah gelap dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

5. Mengurangi stres

Stres karena hari yang panjang dapat dikurangi dengan olahraga larut malam. Seperti yang ditunjukkan oleh Mayo Clinic, olahraga melepaskan banyak bahan kimia otak yang membuat Anda merasa baik - yang dikenal sebagai endorfin yang mengurangi tingkat stres Anda dan meningkatkan suasana hati Anda.

6. Berenergi di hari esok

Bonus tambahan untuk sesi keringat malam adalah bahwa hal itu membuat Anda siap untuk hari esok yang luar biasa. Anda akan bangun dengan perasaan segar dan siap untuk menghadapi hari berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro