Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Jenis Olahraga yang Aman Bagi Lansia

Ada berbagai pilihan olahraga lansia yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 07 Juli 2022  |  20:30 WIB
Ilustrasi - Futuretimeline.net
Ilustrasi - Futuretimeline.net

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang sudah lanjut usia (lansia) wajib ikut olahraga untuk tetap sehat bugar di masa tua dan terhindar dari penyakit.

Ada berbagai pilihan olahraga lansia yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran. Olahraga sangat baik untuk kesehatan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.

Namun, sebelum olahraga, maka para lansia sebaiknya melakukan konsultasi tentang olahraga yang ideal bagi para lansia. Baiknya, pilihlah olahraga yang bisa melatih keseimbangan.

Simak 10 olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan lansia:

1. Berjalan

Berjalan-jalan adalah olahraga yang bagus untuk membantu membangun kesehatan tulang para lansia dan ini juga baik untuk jantungmu. Anda juga bisa menggunakan treadmill adalah alternatif yang bagus.

Di sisi lain, Anda juga bisa berolahraga dengan mengumpulkan sekelompok teman dan mulai bergerak bersama. Ini juga bisa meningkatkan sosialisasi. Durasi olahraga setidaknya 30 menit, selama 4 kali per minggu. 

2. Berenang

Berolahraga di air bisa mengurangi dampak pada persendian Anda, yang menjadikannya pilihan populer bagi orang yang menderita radang sendi. Berenang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kekuatan otot Anda serta memperkuat ligamen dan tendon Anda juga. 

3. Taichi

Tai Chi adalah aktivitas gerakan lembut. Tidak diperlukan peralatan mewah, jadi sangat mudah untuk memulai.

Saat melakukan Tai Chi, otot-otot Anda biasanya rileks daripada tegang, persendian tidak sepenuhnya terentang atau tertekuk, dan jaringan ikat tidak meregang.

Ini berarti Anda meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot Anda tanpa terlalu membebani tubuh Anda. Tai Chi juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan Anda yang mengurangi risiko jatuh.

4. Yoga

Yoga tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik Anda, tetapi juga membantu mengurangi stres karena sifat meditasi yang menenangkan dari berbagai gerakan dan peregangan.

Yoga bisa menjadi olahraga yang berisiko rendah, sehingga bisa meningkatkan keseimbangan inti, kekuatan, aliran pernapasan, dan fleksibilitas otot Anda, terutama ketika melakukannya beberapa kali seminggu.

5. Menari

Menari adalah salah satu cara yang paling menyenangkan untuk mendapatkan latihan seluruh tubuh. Ini dapat meningkatkan tingkat energi, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan memori dan suasana hati, dan meningkatkan keseimbangan Anda.

Jika Anda memiliki keseimbangan dan kemampuan yang terbatas, Anda dapat mencoba tarian kursi yang merupakan latihan duduk, atau tarian garis, yang mengurangi dampak dan tekanan pada persendian Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olahraga YOGA lansia
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top