Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gejala dan Penyebab Bisul, Pengobatan, Serta Pencegahannya

Bisul (furunkel) biasanya dimulai sebagai benjolan lunak kemerahan atau keunguan. Benjolan dengan cepat terisi nanah, tumbuh lebih besar dan lebih menyakitkan sampai pecah dan mengering.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  09:26 WIB
Gejala dan Penyebab Bisul, Pengobatan, Serta Pencegahannya
Gejala dan Penyebab Bisul, Pengobatan, Serta Pencegahannya - medicalnewstoday
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisul adalah benjolan berisi nanah yang menyakitkan yang terbentuk di bawah kulit Anda ketika bakteri menginfeksi dan mengobarkan satu atau lebih folikel rambut Anda.

Sedangkan karbunkel adalah sekelompok bisul yang membentuk area infeksi yang terhubung di bawah kulit.

Bisul (furunkel) biasanya dimulai sebagai benjolan lunak kemerahan atau keunguan. Benjolan dengan cepat terisi nanah, tumbuh lebih besar dan lebih menyakitkan sampai pecah dan mengering. Area yang paling mungkin terkena adalah wajah, belakang leher, ketiak, paha dan bokong.

Anda biasanya dapat mengobati bisul di rumah. Tapi jangan mencoba untuk menusuk atau memencentnya yang dapat menyebarkan infeksi.

Penyebab

Kebanyakan bisul disebabkan oleh Staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang biasa ditemukan di kulit dan di dalam hidung. Benjolan terbentuk saat nanah terkumpul di bawah kulit. Bisul terkadang berkembang di tempat di mana kulit telah rusak oleh luka kecil atau gigitan serangga, yang membuat bakteri mudah masuk.

Faktor risiko

Meskipun siapa pun - termasuk orang yang sehat dapat mengalami bisul atau karbunkel, faktor-faktor berikut dapat meningkatkan risiko Anda:

Kontak dekat dengan orang yang memiliki infeksi staph. Anda lebih mungkin terkena infeksi jika Anda tinggal dengan seseorang yang memiliki bisul atau bisul.

Diabetes. Penyakit ini dapat membuat tubuh Anda lebih sulit melawan infeksi, termasuk infeksi bakteri pada kulit Anda.

Kondisi kulit lainnya. Karena mereka merusak pelindung kulit Anda, masalah kulit, seperti jerawat dan eksim, membuat Anda lebih rentan terhadap bisul dan bisul.

Kekebalan yang dikompromikan. Jika sistem kekebalan Anda melemah karena alasan apa pun, Anda lebih rentan terhadap bisul dan bisul.

Komplikasi

Jarang, bakteri dari bisul atau bisul dapat memasuki aliran darah Anda dan melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh Anda. Infeksi yang menyebar, umumnya dikenal sebagai keracunan darah (sepsis), dapat menyebabkan infeksi jauh di dalam tubuh Anda, seperti jantung (endokarditis) dan tulang (osteomielitis).

Pencegahan

  1. Tidak selalu mungkin untuk mencegah bisul, terutama jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah. Tetapi langkah-langkah berikut dapat membantu Anda menghindari infeksi staph:
  2. Cuci tangan Anda secara teratur dengan sabun yang lembut. Atau sering-seringlah menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol.
  3. Mencuci tangan dengan hati-hati adalah pertahanan terbaik Anda melawan kuman.
  4. Jaga agar luka tetap tertutup. Jaga agar luka dan lecet tetap bersih dan ditutup dengan perban kering yang steril sampai sembuh.
  5. Hindari berbagi barang pribadi. Jangan berbagi handuk, seprai, pisau cukur, pakaian, peralatan atletik, dan barang pribadi lainnya. Infeksi
  6. Staph dapat menyebar melalui benda, serta dari orang ke orang. Jika Anda memiliki luka atau luka, cuci handuk dan seprai menggunakan deterjen dan air panas dengan tambahan pemutih, dan keringkan dalam pengering panas.

Bisul dapat terjadi di mana saja di kulit Anda, tetapi muncul terutama di wajah, belakang leher, ketiak, paha, dan bokong — area yang ditumbuhi rambut di mana Anda kemungkinan besar akan berkeringat atau mengalami gesekan. Tanda dan gejala bisul biasanya meliputi:

  1. Benjolan merah yang menyakitkan yang awalnya kecil dan dapat membesar hingga lebih dari 2 inci (5 sentimeter)
  2. Kemerahan atau keunguan, kulit bengkak di sekitar benjolan
  3. Peningkatan ukuran benjolan selama beberapa hari karena berisi nanah
  4. Perkembangan ujung kuning-putih yang akhirnya pecah dan memungkinkan nanah mengalir keluar
  5. Karbunkel
  6. Karbunkel adalah sekelompok bisul yang membentuk area infeksi yang terhubung. Dibandingkan dengan bisul tunggal, bisul menyebabkan infeksi yang lebih dalam dan lebih parah dan lebih cenderung meninggalkan bekas luka. Orang yang memiliki bisul sering merasa tidak sehat secara umum dan mungkin mengalami demam dan kedinginan.

Kapan harus ke dokter? Anda biasanya dapat merawat satu bisul kecil sendiri. Tetapi temui dokter Anda jika Anda memiliki lebih dari satu bisul sekaligus atau jika bisul:

  1. Terjadi di wajah Anda atau memengaruhi penglihatan Anda
  2. Memburuk dengan cepat atau sangat menyakitkan
  3. Menyebabkan demam
  4. Menjadi lebih besar meskipun perawatan diri
  5. Belum sembuh dalam dua minggu
  6. Berulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit wajah Gejala Penyakit pengobatan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top