Ilustrasi: Bendera Jerman terpasang di sebuah rumah di Dortmund,  19 Juni  2012./Reuters
Travel

Ini Dia 5 Negara Termudah untuk Dapatkan Kewarganegaraan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Juli 2022 - 16:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di sebagian besar negara, seseorang secara otomatis menjadi warga negara setelah dia lahir, tanpa biaya atau proses tambahan yang diperlukan. Ini dikenal sebagai kewarganegaraan hak asasi.

Namun, ada beberapa skenario di mana seseorang mungkin ingin mengubah kewarganegaraannya ke negara lain atau, di negara yang mengizinkan kewarganegaraan ganda, atau bahkan berpindah kewarganegaraan.

Ini paling sering terjadi pada imigran. Sementara banyak calon emigran puas dengan hanya pindah.

Proses memperoleh kewarganegaraan mengikuti pola yang sama, negara-negara yang lebih mudah cenderung memiliki proses yang disederhanakan dan biaya dan/atau persyaratan yang minimal untuk memperoleh kewarganegaraan.

Berikut beberapa negara yang memberikan kewarganegaraan yang mudah yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

1. Kanada

Negara terbesar di Amerika Utara dan terbesar kedua di dunia, Kanada juga merupakan salah satu negara yang paling ramah, dengan persyaratan tempat tinggal langsung yang mengarah ke kewarganegaraan yang mudah diperoleh. Kandidat harus secara resmi tinggal di Kanada selama tiga dari lima tahun terakhir, harus membayar pajak yang diperlukan, harus lulus tes biasa dalam sejarah dan bahasa (Inggris atau Prancis), dan harus membayar biaya pemrosesan minimal $630 CAN (untuk orang dewasa ).

2. Republik Dominika

Persyaratan untuk kewarganegaraan di Republik Dominika sangat mudah, meskipun ada aspek keuangan yang menonjol. Untuk mendirikan tempat tinggal permanen, seseorang harus menunjukkan pendapatan bulanan minimal $2.000 USD per bulan ($1.500 untuk pensiunan).

Setelah tinggal dua tahun sebagai penduduk tetap di DR—diperpendek menjadi enam bulan jika menikah dengan seorang wanita Dominika dan dibebaskan sepenuhnya jika menikah dengan pria Dominika, seseorang dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan penuh. Proses kewarganegaraan mencakup wawancara yang diucapkan dalam bahasa Spanyol dan pemeriksaan medis, dan seluruh proses memakan waktu sekitar tiga tahun. Namun, salah satu kelemahan yang signifikan adalah biaya naturalisasi sekitar $200.000.

3. Jerman

Negara dengan tingkat imigrasi tertinggi kedua di dunia, Jerman memiliki proses yang mapan untuk menjadi warga negara yang dinaturalisasi. Kewarganegaraan tersedia bagi mereka yang telah tinggal di Jerman selama enam hingga delapan tahun (tergantung keadaan), dapat lulus ujian bahasa dan kewarganegaraan Jerman, dapat menghidupi diri sendiri, tidak memiliki catatan kriminal, dan bersedia melepaskan kewarganegaraan mereka yang ada.

4. Irlandia

Untuk mengajukan permohonan kewarganegaraan di Irlandia—bisa dibilang negara paling ramah di dunia yang diakhiri dengan "tanah"—seseorang harus tinggal di negara itu selama satu tahun. Selama delapan tahun ke depan, seseorang harus tinggal di Irlandia setidaknya selama empat tahun kumulatif. Persyaratan residensi bahkan dapat diabaikan bagi mereka yang dapat membuktikan keturunan Irlandia. Persyaratan tambahan juga mudah dicapai.

5. Peru

Seseorang dapat menjadi warga negara Peru hanya dalam dua tahun. Prosesnya dimulai dengan visa tinggal, yang memungkinkan seorang internasional untuk tinggal di Peru. Permohonan untuk visa ini biasanya disetujui dalam waktu tiga bulan. Setelah disetujui, kandidat memiliki waktu enam bulan untuk menyelesaikan visa mereka.

Setelah tinggal di Peru selama dua tahun, kandidat dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan. Kecuali menikah dengan warga negara Peru, kandidat harus lulus tes pada beberapa mata pelajaran, termasuk sejarah, budaya, dan bahasa Spanyol. Biaya kewarganegaraan kira-kira $25.000 USD, tetapi pemerintah Peru meringankan beban keuangan dengan memungkinkan kandidat membayar dengan mencicil.

6. Singapura

Seseorang dapat menjadi penduduk tetap Singapura dengan bekerja di negara tersebut, membuka bisnis, atau menikahi seorang warga negara. Setelah dua tahun, opsi untuk mengajukan kewarganegaraan menjadi tersedia. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah bahwa warga negara laki-laki dengan usia tertentu diwajibkan untuk melakukan Layanan Nasional di tentara Singapura. Setelah Layanan Nasional selesai, penduduk pria dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro