Sakit tenggorokan/Istimewa
Health

Ciri-ciri Sakit Tenggorokan Karena Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 30 Juli 2022 - 17:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Omicron BA.5 pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan dan kini telah menyebar ke beberapa negara lain, menjadi lebih umum daripada strain SARs-CoV-2 sebelumnya.

Para ahli mengatakan bahwa sebagian besar gejala BA.5 serupa dengan yang terlihat pada varian sebelumnya, termasuk sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk, hidung tersumbat, dan demam.

Namun, baru-baru ini, seorang dokter yang berbasis di AS, membahas gejala 'sangat menyakitkan' yang dia alami, bahkan setelah divaksinasi.

Dilansir dari Times of India, Dokter Mike Hansen, spesialis dan dokter dari Board Certified Internal Medicine, Pulmonary Disease, & Critical Care Medicine, turun ke Youtube dan mengenang pertempurannya dengan infeksi Omicron BA.5.

Dia mengalami gejala beberapa hari setelah kembali dari menonton sebuah konser, saat itu, Hansen mulai mengalami gejala termasuk kelelahan, demam, sakit tenggorokan, pilek, dan akhirnya batuk.

"Bagian terburuknya adalah tiga hingga empat hari pertama. Salah satu gejala yang ia derita adalah "sangat menyakitkan", dia berbagi.

Dia memaparkan, setiap kali menelan dia akan merasakan sakit luar biasa di belakang tenggorokannya. 

Menurut data dari aplikasi ZOE Health Study, para pasien covid juga telah melaporkan sakit tenggorokan sebagai gejala yang sangat umum dari COVID.

"Rata-rata, tujuh dari sepuluh orang dewasa yang ditusuk dua atau tiga kali akan mengalami sakit tenggorokan dengan varian Omicron," kata peneliti ZOE.

Berapa lama sakit tenggorokan COVID berlangsung?

Menurut para ahli, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh COVID biasanya muncul pada minggu pertama sakit dan segera sembuh.

Mungkin terasa lebih buruk pada hari pertama infeksi, namun semakin ringan seiring waktu.

"Rata-rata, sakit tenggorokan bisa berlangsung lima hari. Jika sakit tenggorokan Anda bertahan lebih dari ini, itu tidak mungkin COVID-19," tim peneliti di kesehatan ZOE mengungkapkan.

Selain sakit tenggorokan, mungkin ada beberapa gejala lain yang bisa muncul. Mari kita lihat mereka.

Menurut CDC, orang dengan COVID-19 melaporkan berbagai gejala, mulai dari gejala ringan hingga penyakit parah. Ini termasuk:

- Demam atau kedinginan

- Batuk

- Sesak napas atau kesulitan bernapas

- Kelelahan

- Sakit otot atau badan

- Sakit kepala

- Kehilangan rasa atau bau baru

- Hidung tersumbat atau pilek

- Mual atau muntah

- Diare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro