Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! Ini 4 Tips untuk Cegah Penuaan Dini

Permasalahan kulit kendur dan berkerut mulai banyak dialami para remaja wanita atau yang disebut sebagai penunaan dini. Berikut ini 4 tips cegah penuaan dini.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 30 Juli 2022  |  23:10 WIB
Penuaan dini. Jika tidak yakin pendekatan yang tepat untuk Anda, bicarakan dengan profesional perawatan kesehatan.  - independent
Penuaan dini. Jika tidak yakin pendekatan yang tepat untuk Anda, bicarakan dengan profesional perawatan kesehatan. - independent
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat memasuki usia 30 tahun jaringan kolagen dan elastisitas kulit kian melemah sehingga menyebabkan kulit kendur, berkerut dan muncul flek hitam hiperpigmentasi. Namun permasalahan tersebut terutama kulit kendur dan berkerut saat ini mulai banyak dialami oleh para remaja wanita atau yang disebut sebagai penunaan dini.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Hari Darmawan menyatakan ada beberapa faktor penyebab penuaan dini (premature aging) mulai dari gaya hidup yang kurang baik seperti kurang makan sayur dan buah, sedikit minum air putih, jarang berolahraga, merokok dan minum alkohol.

"Selain itu, terkena paparan sinar matahari, kurang istirahat, stress dan polusi udara juga dapat menjadi penyebab penuaan dini," kata Hari.

Agar terhindar dari penuaan dini, dokter dari C-Derma Dermatology and Aesthetic Center ini mengatakan ada 4 cara yang bisa dilakukan.

Berikut 4 tips untuk mencegah penuaan dini:

1. Mengonsunsi makanan yang sehat dan bergizi

Menurutnya, untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini maka perlu mengonsumsi buah dan sayur karena dipercaya dapat membantu meningkatkan pembentukan sel kulit yang sehat pada tubuh.

"Selain itu, batasilah konsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat olahan karena dapat mempercepat proses penuaan dini," ujarnya.

2. Berhenti merokok dan minum alkohol

Sebab, kebiasaan merokok dapat mempercepat proses pemecahan kolagen dan menyempitkan pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke kulit. Selain itu, mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat membuat ginjal bekerja lebih keras dan membuat kulit menjadi dehidrasi.

"Alhasil kulit akan cenderung lebih mudah berkerut, sehingga penuaan dini dapat terjadi," tambahnya.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecantikan penuaan tips cantik
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top