Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berikut 7 Manfaat Diet Mediterania Berdasarkan Sains

Berikut adalah tujuh manfaat yang didukung sains dari diet Mediterania, dilansir dari Live Science
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  14:43 WIB
Berikut 7 Manfaat Diet Mediterania Berdasarkan Sains
Ilustrasi diet - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Diet Mediterania didasarkan pada masakan tradisional Italia, Yunani dan negara-negara lain yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diet Mediterania dapat membantu kita hidup lebih lama dan lebih sehat

Diet ini berbasis tanaman dengan protein hewani seperti ikan dan makanan laut. Diet Mediterania kaya akan biji-bijian, minyak zaitun, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan rempah-rempah. Mampu mengurangi makanan olahan yang kurang sehat.

Berikut adalah tujuh manfaat yang didukung sains dari diet Mediterania, dilansir dari Live Science:

1. Dapat Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Diet Mediterania bisa menjadi salah satu kunci untuk umur panjang dan penuaan yang lebih lambat. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang lanjut usia yang menjalani diet ini lebih mungkin untuk hidup lebih lama. Ada juga bukti bahwa diet Mediterania dapat membantu manula mempertahankan kekuatan dan mobilitas mereka.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat diet Mediterania yang paling banyak diketahui dan yang paling banyak diteliti adalah dampaknya terhadap kesehatan jantung. Sebagian dapat dikaitkan dengan efeknya pada endotelium: sel-sel yang melapisi bagian dalam pembuluh darah kita. Membantu meningkatkan fungsi endotel yang dapat mencegah plak kolesterol menumpuk di arteri. Ada juga bukti bahwa dapat menurunkan risiko gagal jantung.

3. Mencegah Penurunan Kognitif dan Demensia

Banyak penelitian telah menunjukkan bagaimana pola diet ini dapat berkontribusi pada fungsi kognitif yang lebih baik dan risiko penurunan kognitif yang lebih rendah pada orang dewasa yang lebih tua. Terlebih lagi, ada bukti bahwa diet Mediterania dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

4. Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Diet Mediterania tidak hanya sehat, tetapi juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Defisit kalori adalah prinsip terpenting di balik pemeliharaan berat badan dan diet Mediterania secara alami mencakup banyak makanan rendah kalori.

5. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diet Mediterania dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2. Seperti yang dijelaskan dalam jurnal Nutrients, pola diet ini dapat meningkatkan kadar glukosa darah, termasuk mengandung antioksidan anti-inflamasi tingkat tinggi, makanan indeks glikemik (GI) rendah dan kesehatan usus yang lebih baik.

6. Melindungi Terhadap Kanker

Meskipun ada banyak kanker dan faktor penyebabnya, nutrisi sehat secara konsisten tetap menjadi strategi pencegahan utama. Banyak penelitian menunjuk diet Mediterania sebagai cara untuk menghindari penyakit serius ini. Ini juga sangat mengurangi risiko mengembangkan kanker kolorektal, kepala, leher, pernapasan, lambung, hati, dan kandung kemih.

7. Dapat Membantu dengan Rheumatoid Arthritis

Diet Mediterania bisa membawa manfaat bagi mereka yang menderita rheumatoid arthritis. Artritis reumatoid adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan nyeri dan kekakuan sendi yang parah, yang belum diketahui obatnya. Diet ini adalah cara yang efektif untuk mengurangi produksi eikosanoid dan nyeri sendi. Dapat membantu meningkatkan fungsi fisik pada orang yang hidup dengan kondisi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diet penyakit kardiovaskular berat badan diabetes
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top