Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Tips Diet Sehat dan Cepat Langsing

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan bagi Anda yang ingin diet sehat tanpa menyiksa diri sendiri.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 04 Agustus 2022  |  18:15 WIB
Ilustrasi diet untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh - Freepik.com
Ilustrasi diet untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Memperhatikan pola dan nutrisi yang terkandung dalam makanan adalah hal yang perlu dilakukan. Karenanya, penting bagi seseorang untuk menerapkan diet kaya buah dan sayuran yang mampu memberikan banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko beberapa penyakit kronis dan menjaga kesehatan tubuh.

Namun, tak jarang diet diartikan dengan konotasi yang memaksa dan sedikit menyulitkan dengan  adanya perubahan besar pada pola dan porsi makan Anda.

Jika Anda baru hendak memulai program diet, alangkah lebih baik jika memulai dengan beberapa perubahan kecil.

Berikut 10 tips diet mudah dan sehat yang dapat mendukung penerapan gaya hidup sehat Anda.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air yang cukup penting untuk kesehatan Anda. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa air minum dapat meningkatkan penurunan berat badan dan meningkatkan pemeliharaan berat badan.

Dalam sebuah studi lain juga dituliskan bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan saat makan berikutnya. Minum air secara teratur juga dapat meningkatan kualitas diet dan dapat mengurangi asupan kalori dari minuman

2. Makan Buah dan Sayuran Dengan Porsi yang Direkomendasikan Setiap Hari

Jika Anda merasa hal ini sulit untuk dipraktikan, ingatlah bahwa Anda dapat mengolah sayuran dan buah menjadi berbagai olahan yang disukai, seperti smoothie dan jus rendah gula. 

Sementara untuk ketentuan porsinya, saran tentang berapa banyak porsi buah dan sayuran dalam sehari harus dikonsumsi dapat bervariasi. Namun, dilansir dari Real Buzz, rekomendasi rata-rata cenderung antara 5-10 porsi sehari. 

3. Jangan Pernah Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah asupan terpenting bagi tubuh untuk memulai hari. Mengonsumsi sepiring sarapan yang cukup justru mampu menghindari Anda dari rasa lapar berlebihan di jam makan siang. Sehingga porsi makan di jam makan siang akan tetap terjaga.

4. Rencanakan Makanan Mingguan Anda

Tulis daftar belanjaan dan patuhi itu. Tips lain yang perlu diperhatikan adalah, hindari berbelanja saat kondisi perut Anda lapar, karena ini adalah kesalahan fatal yang mau tidak mau akan membuat Anda mengisi troli belanja Anda dengan makanan yang kurang sehat.

5. Sediakan Cemilan Sehat

Jika Anda berpikir diet akan menjauhkan diri dari snack dan makanan ringan, jawabannya kurang tepat. Saat diet, Anda juga dapat menyantap makanan ringan sehat yang mencakup buah segar dan kering, sereal batangan sehat, yogurt buah rendah lemak, serta cemilan gandum rendah gula.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diet tips sehat air putih nutrisi
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top