Sorghum/Reuters
Health

Kenali Apa Itu Sorgum, dan Manfaatnya

Widya Islamiati
Senin, 15 Agustus 2022 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika pagi hari disibukkan dengan berbagai rutinitas, sarapan dengan sereal adalah cara praktis yang menghemat waktu namun tetap bergizi dan mengenyangkan.

Cukup dituangkan kedalam mangkuk berisi susu, sereal sudah siap dimakan, atau bisa juga mencampurkannya dengan madu.

Salah satu sereal pengganti nasi yang menyehatkan dan mengenyangkan adalah sorgum. Biji-bijian yang termasuk dalam keluarga rumput Poaceae ini cukup digemari orang sehingga menduduki peringkat kelima sereal yang paling banyak dikonsumsi di dunia. 

Bagaimana tidak? Biji-bijian berwarna putih ataupun kuning pucat ini memang kaya akan manfaat, berikut ini manfaat sorgum untuk kesehatan ala healthline dan webmd.

Sorgum adalah biji-bijian yang biasa dijadikan sereal maupun pakan ternak. Secangkir sorgum mentah atau setara dengan 100 gram sorgum dapat mengandung 329 kalori, 11 gram protein, 3 gram lemak, 72 gram karbohidrat, dan 7 gram serat.

Selain itu, sorgum juga kaya akan berbagai vitamin, seperti vitamin B1 atau tiamin, vitamin B6, copper atau tembaga, zinc, magnesium, fosfor, kalium dan selenium.

Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

1. Bantu metabolisme hingga perkembangan sel saraf

Sorgum kaya akan vitamin B yang punyai banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh. Vitamin B dapat bantu metabolisme, membantu kesehatan rambut dan kulit hingga bagus untuk perkembangan sel saraf.

2. Efek anti-kanker

Sorgum mengandung senyawa fenolik seperti tanin yang dapat menghambat enzim yang berkaitan dengan perkembangan kanker payudara. Selain itu senyawa fenolik lain dalam biji-bijian ini adalah 3-deoxyanthocyanidins yang bisa merusak sel kanker manusia.

3. Bantu program diet kaya serat

Kandungan pati dalam sorgum membuat sorgum lebih sulit dicerna oleh tubuh dibandingkan biji-bijian lainnya. Hal ini membuat orang yang mengonsumsi sorgum merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, sorgum juga mengandung banyak serat. Secangkir sorgum dapat memenuhi 25% asupan serat harian yang direkomendasikan. Diet kaya serat dengan sorgum berguna untuk membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah hingga mencegah sembelit.

4. Biji-bijian bebas gluten

Gluten adalah kandungan yang banyak dihindari orang karena dapat picu penyakit celiac. Bagi orang yang menghindari biji-bijian yang mengandung gluten seperti gandum, sorgum adalah alternatif yang tepat.

5. Bantu cegah peradangan

Salah satu kandungan dalam sorgum adalah antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, juga Tanin. Dengan kandungan ini, sorgum dapat menurunkan stres oksidatif serta cegah peradangan.

Sumber protein nabati yang bagus

Sorgum mengandung banyak protein, bahkan disebut-sebut kandungan protein dalam sorgum setara dengan kandungan protein dalam quinoa. Quinoa adakah biji-bijian sereal yang dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro