Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Tolak Bala dan Artinya Agar Terhindar dari Musibah

Dalam Islam ada doa tolak bala yang dapat dibaca selepas sholat. Dengan membaca doa ini, harapannya kita bisa terhindar dari segala bentuk ancaman.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 19 Agustus 2022  |  21:05 WIB
Doa Tolak Bala dan Artinya Agar Terhindar dari Musibah
Doa Tolak Bala dan Artinya Agar Terhindar Dari Musibah (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkan Anda membaca doa tolak bala? Bacaan doa ini bertujuan untuk meminta perlindungan dari Allah dari segala musibah baik itu di dunia maupun musibah di akhirat. 

Doa tolak bala ini seringkali dibaca setelah menunaikan sholat di masjid ataupun mushola. Walaupun demikian, sebenarnya doa ini juga bisa dibaca kapan saja. Lantas, bagaimana bacaan doa tolak bala yang singkat? Temukan jawabannya pada keterangan berikut ini.  

Doa Selamat dan Tolak Bala

Saat menginginkan sesuatu seorang muslim tentu dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT, termasuk jika ingin terhindar dari musibah. Ada doa khusus yang dikenal dengan sebutan doa tolak bala. 

Dengan membaca doa ini, harapannya kita bisa terhindar dari segala ancaman. Adapun bacaan doa tolak bala singkat dan artinya, seperti berikut. 

"Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa 'aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil 'ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal 'afwa indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa 'adzaa ban naar."

Artinya : "Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahman di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, jagalah kami dari siksa api neraka.".

Selain doa di atas, ada juga doa selamat yang lebih pendek yaitu;

"Allaahumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaarokta dzal jalaali wal ikroom."

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. 

Jika ingin berdoa memohon dihindarkan dari keburukan dunia, doa tolak bala berikut bisa Anda lantunkan:

"Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni‘mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal ‘afiyah, wa abwabal jannah. Allȃhumma ‘afina min kulli bala’id dunya wa ‘adzabil akhirah, washrif ‘anna bi haqqil Qur’ȃnil ‘azhim wa nabiyyikal karȋm syarrad dunya wa ‘adzabal akhirah. Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘an ma yashifun, wa salamun ‘alal mursalȋn, walhamdulillȃhi rabbil ‘alamin."

Artinya : "Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur'an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Dzat Yang Maha Pengasih. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan Keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. 

Itulah tadi doa tolak bala dan doa meminta selamat kepada Sang Pencipta. Dengan membaca doa-doa tersebut, berarti kita sedang berserah diri dan berhusnudzon kepada Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa islam Doa Selamat keselamatan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top