Ilustrasi seorang pacar yang posesif/Foxnews
Relationship

Ini Cara Atasi Sikap Posesif Berlebihan ke Pasangan

Alifian Asmaaysi
Rabu, 24 Agustus 2022 - 14:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jatuh cinta berjuta rasanya, begitulah kalimat yang kerap digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tengah kasmaran. Jatuh cinta dapat menimbulkan perasaan yang beragam, salah satunya rasa posesif.

Di dalam sebuah hubungan, rasa memiliki dan rasa sayang yang begitu besar kerap menggiring kita menjadi pacar yang terlalu protektif dan posesif.

Tak melulu bagus, perlakuan posesif kerap dianggap sedikit mengganggu bagi sebagian kalangan. Karenannya, agar hubungan dengan sang kekasih tetap berjalan romantis dan dapat menumbuhkan rasa saling percaya, berikut beberapa cara yang bsia dilakukan untuk mengatasi perasaan terlalu protektif dan posesif.

Simak Cara Hindari Prilaku Posesif pada Pasangan

1. Tetap Berikan Pasangan Anda Ruang untuk Berekspresi

Cobalah yang terbaik untuk tidak mencampuri urusan mereka meskipun saat Anda dapat membantunya. Ingatlah bahwa mereka memiliki kehidupan yang berkembang sebelum mereka bertemu dengan Anda dan Anda harus melakukan yang terbaik untuk memperbaikinya daripada membatasi mereka dengan cara apa pun. Ini adalah satu-satunya cara untuk membangun hubungan yang sehat.

2. Tingkatkan Rasa Saling Percaya

Hindari menuduh mereka berbohong kepada Anda atau membuat mereka merasa bertanggung jawab kepada Anda dalam situasi apa pun. Ingatlah bahwa tuduhan tak berdasar hanya akan membantu menjauhkan mereka dariA nda dan mendorongnya lebih jauh yang bisa menjadi awal dari akhir hubungan Anda.

Satu hal yang perlu menjadi catatan adalah, sang kekasih sama sekali tidak memiliki tanggung jawab atas segala prasangka kosong yang hadir dalam pikiran Anda.

3. Jadilah Lebih Dewasa

Jika Anda sudah mengidamkan hubungan yang sehat, kini sudah waktunya bagi Anda untuk meninggalkan semua kebiasaan mendramatisir keadaan saat segala sesuatu berjalan tak sesuai kendali.

Sebagai contoh, jika sang kekasih membuat kekeliruan, alih-alih merasa rewel atau pemarah dan memberi mereka _silent treatment_ karena mereka meninggalkan Anda sendirian untuk beraktivitas bersama dengan teman atau keluarga mereka, akan lebih bijaksana bila Anda melihat akar masalahnya terlebih dahulu.

Gunakan pendekatan langsung dan bicarakan dengan mereka tentang apa yang Anda rasakan. Mengekspresikan emosi Anda dapat membantu Anda menghindari prilaku pasif agresif dalam hubungan.

4. Berikan Pengertian pada Pasangan

Jika Anda ingin sang kekasih untuk percaya pada Anda, hal yang perlu dilakukan adalah Anda perlu terlebih dahulu melakukan hal yang demikian pada dirinya. 

Sebagai contoh, jika pasangan Anda mengeluh bahwa Anda telah mengasingkannya, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan pada dirinya bahwa Anda sendiri memiliki sistem pendukung dan lingkaran teman yang sehat di luar pasangan Anda.

Karena pada dasarnya, rasa percaya tidaklah tumbuh dengan sendirinya. Hal tersebut membutuhkan stimulasi dan afirmasi positif dari tiap individu yang sedang menjalin hubungan.

5. Tetap Luangkan Waktu untuk Bergaul dan Menghabiskan Waktu Bersama Teman

Luangkan waktu yang sama untuk bergaul dengan teman-teman Anda, sehingga Anda tidak selalu bergantung sepenuhnya pada perhatian dan waktu pasangan Anda sepanjang waktu. Pertahankan persahabatan Anda dan latihlah diri Anda agar tidak terjebak dan berada dalam hubungan yang saling ketergantungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro