Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Membersihkan Usus Besar Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah Lho

Membersihkan usus besar Anda sangat baik untuk kesehatan dan caranya pun mudah bahkan bisa dilakukan di rumah dengan cara-cara berikut ini.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 05 September 2022  |  21:31 WIB
Cara Membersihkan Usus Besar Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah Lho
Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Usus besar mempunyai peran yang penting bagi tubuh. Karena organ ini punyai fungsi mengeluarkan sisa-sisa makanan yang nutrisinya telah diserap, ditambah sistem kekebalan tubuh juga diproduksi pada organ satu ini.

Namun, karena fungsinya yang jadi tempat lewatnya sisa-sisa makanan, kesehatan usus juga sering terganggu. Gangguan ini disebabkan oleh tidak teraturnya pola makan dan kandungan makanan yang tidak diperhatikan.

Salah satu cara untuk merawat usus besar adalah dengan membersihkannya. Tujuannya agar bisa bekerja secara optimal. Meskipun, dalam beberapa penelitian disebutkan, pembersihan ini belum ditemukan memiliki efek yang cukup signifikan.

Berikut cara membersihkan usus besar berdasarkan Dinas Kesehatan Kalimantan Barat dan Healthline.

1. Mengonsumsi buah

Cara yang baik untuk membersihkan usus besar adalah dengan mengonsumsi apel. Karena apel punyai kandungan serat yang tinggi, punyai sifat menenangkan serta antiinflamasi. Selain itu, mengonsumsi apel dengan kulitnya bisa menambah manfaat lain untuk pembersihan usus. Hal ini dikarenakan kulit apel mengandung pektin dan antioksidan yang tinggi.

2. Mengonsumsi sayuran yang kaya akan serat

Manfaat serat dalam tubuh selain untuk melindungi diri dari racun karena kaya mineral dan antioksiadan, juga bisa untuk membersihkan racun ataupun kotoran yang menempel pada dinding usus. Sayuran yang kaya akan serat seperti brokoli, kangkung serta kol.

3. Minum air putih

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat oleh tubuh manusia jika sering meminum air putih. Menjaga tubuh agar tidak dehidrasi juga menjadi salah satu cara yang baik untuk pembersihan usus.

Jika bosan dengan air, mengonsumsi buah ataupun sayuran yang tinggi kadar air seperti semangka, tomat, selada, serta seledri juga bisa jadi solusi.

4. Mengonsumsi makanan yang kaya probiotik

Probiotik baik untuk kesehatan usus besar, apalagi dalam olahan yang mengandung probiotik juga umumnya mengandung serat. Keduanya merupakan paduan kandungan yang dapat menguntungkan usus besar, seperti mencegah peradangan hingga meningkatkan efisiensi fungsi usus besar.

Olahan mengandung probiotik adalah makanan atau minuman yang melalui proses fermentasi seperti seperti yogurt, kimchi, acar, cuka apel dan lain-lain. Dalam cuka apel, selain mengandung probiotik yang dapat membantu pembersihan usus besar, tetapi juga dapat menekan bakteri jahat dalam usus.

5. Mengonsumsi makanan yang mengandung pati resistan

Pati resistan adalah sebutan bagi jenis pati yang tidak dapat dicerna oleh saluran pencernaan manusia. Fungsinya dapat meningkatkan mikroflora usus. Mengonsumsi makanan dengan pati resistan seperti kentang, kacang-kacangan, pisang hijau dan biji-bijian dapat membantu pembersihan usus besar.

6. Menggunakan teh herbal

Usus besar juga termasuk ke dalam organ saluran pencernaan. Salah satu minuman yang dapat membantu kesehatan saluran pencernaan adalah teh herbal. Meminum teh herbal bisa jadi cara untuk membersihkan usus besar.

Namun, perlu diketahui bahwa membersihkan usus besar juga bisa timbulkan beberapa gejala seperti mual, muntah, pusing, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit hingga kram. Jika menemui berbagai gejala ini, segera hentikan pembersihan dan jika perlu datangi fasilitas kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker usus besar gejala kanker usus besar pencernaan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top