Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 5 Pahlawan Nasional yang Berasal dari Surabaya

Terdapat banyak pahlawan nasional yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Berikut ini sejumlah pahlawan nasional yang asalnya dari Surabaya, Jawa Timur.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 06 September 2022  |  12:44 WIB
Simak 5 Pahlawan Nasional yang Berasal dari Surabaya
5 Pahlawan Nasional yang Berasal dari Surabaya (wikimedia commons)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Surabaya dijuluki sebagai kota pahlawan. Selain karena pernah ada gerakan 10 November yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, di kota tersebut juga banyak melahirkan pahlawan nasional yang berjuang untuk bangsa ini.

Tak hanya berjuang di daerahnya sendiri, tokoh asal Jawa Timur khususnya Surabaya juga banyak yang bergabung ke pergerakan nasional. Lalu, siapa saja pahlawan nasional Indonesia dari Surabaya? Berikut daftarnya.

Nama Pahlawan Nasional dan Asalnya

  • Bung Tomo

Bung Tomo atau Sutomo merupakan salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Surabaya. Namanya semakin dikenal masyarakat Indonesia setelah meletusnya pertempuran 10 November 1945.

Bung Tomo berhasil membangkitkan semangat nasionalisme arek-arek Suroboyo dalam mengusir Belanda di tanah kelahirannya. Peristiwa 10 November kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Selain dikenal sebagai pejuang kemerdekaan, Bung Tomo ternyata seorang jurnalis sukses. Pria kelahiran 3 Oktober 1920 ini terkenal dengan seruannya di siaran radio yang penuh semangat.

  • Mas Tirtodarmo Haryono

Mas Tirtodarmo Haryono atau MT Haryono juga masuk dalam daftar pahlawan nasional yang asalnya dari Surabaya. Beliau termasuk pahlawan revolusi yang gugur saat terjadi peristiwa G30S PKI.

Sebagai pejuang, latar belakang pendidikan MT Haryono ternyata cukup berkelas. Beliau pernah menempuh pendidikan di ELS atau setingkat SD yang dibentuk Belanda. Setelah itu, beliau melanjutkan pendidikan di HBS atau pendidikan sekolah umum.

Pada masa penjajahan Jepang, MT Haryono pernah sekolah kedokteran, namun tidak selesai. Latar pendidikan yang cukup mentereng menjadi bekal untuk dirinya menjadi seorang pejuang tangguh dan cerdas.

  • H.O.S Tjokroaminoto

H.O.S Tjokroaminoto atau Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto lahir di Madiun. 16 Agustus 1882. Beliau merupakan pahlawan nasional Indonesia dan pemimpin Sarekat Islam (SI).

H.O.S Tjokroaminoto merupakan seorang guru dari tokoh-tokoh penting seperti Soekarno, Semaoen, Musso, dan Maridjan Kartosoewirjo. Beliau pernah ditangkap oleh Belanda pada Agustus 1921 dan dibebaskan pada April 1922.

Setelah bebas, beliau mendirikan markas di Kedung Jati dan Pembangunan Persatuan pada tahun yang sama. Di bulan September 1922, beliau juga menerbitkan artikel berseri dengan judul Islam dan Sosialisme di Soeara Boemipoetra.

H.O.S Tjokroaminoto wafat pada 17 Desember 1934 di Yogyakarta karena sakit. Beliau kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Pakuncen, Yogyakarta.

  • Roeslan Abdulgani

Pahlawan nasional lainnya yang berasal dari Surabaya yaitu Roeslan Abdulgani. Beliau merupakan tokoh penting dalam KAA Asia-Afrika di Bandung tahun 1955. Rasa nasionalisme sudah ada di diri beliau sejak kecil.

Beliau pernah terlibat di pertempuran November 1945 saat pasukan sekutu menduduki Surabaya. Pertempuran tersebut membuat beliau akhirnya menyingkir ke Malang.

Di Malang, Cak Roes ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal Menteri Penerangan periode 1947-1954. Beliau kemudian mendapat Jenderal TNI Kehormatan Bintang Empat, Bintang Mahaputra.

Beliau ternyata sempat memiliki cita-cita berkarir di bidang militer. Namun, pada saat itu, sekolah militer hanya untuk anak priyayi. Cak Roes kemudian memutuskan untuk sekolah keguruan Openbare Europese Kweekschool. Akan tetapi, karena dirinya menjadi anggota Indonesia, ia kemudian dikeluarkan dari sekolah itu.

  • Mayjen Sungkono

Pahlawan nasional lainnya juga berasal dari Surabaya yaitu Mayjen Sungkono. Beliau merupakan Panglima Angkatan perang Surabaya yang berperan penting saat terjadi pertempuran di Surabaya. Di bawah kepemimpinannya, pejuang di Surabaya mampu melawan penjajah di kota tersebut.

Itulah sejumlah nama pahlawan nasional Indonesia yang asalnya dari Surabaya. Selain Surabaya, masih banyak pahlawan lain yang berasal dari Sabang hingga Merauke. 

Itulah 5 nama pahlawan nasional yang berasal dari surabaya, peran mereka untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia sangat berjasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pahlawan nasional. pahlawan nama Bung Tomo surabaya
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top