Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat Totok Wajah, Salah Satunya untuk Bells Palsy

Berikut manfaat totok wajah dan titik mana saja yang harus ditotok untuk kecantikan dan kesehatan
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 06 September 2022  |  19:12 WIB
Manfaat Totok Wajah, Salah Satunya untuk Bells Palsy
Totok wajah - klikdokter
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Totok wajah adalah pengobatan tradisional yang melibatkan tekanan dan pijatan pada wajah. Totok wajah atau acupressure ini berasal dari negeri tirai bambu.

Melakukan totok wajah yang benar bahkan dipercaya bisa mengurangi gejala Bells Palsy atau lemahnya Sebagian otot wajah juga mengurangi gejala depresi.

Berikut ini titik tekanan totok wajah serta manfaatnya berdasarkan healthline.

Pada bagian depan wajah ada tiga titik tekanan atau titik akupresur, meliputi LI20, GV26 juga Yintang. Berikut penjelasannya:
LI20 atau lekukan nasolabial

Titik tekanan ini terletak pada lekukan antara lubang hidung dan pipi. Tepatnya di samping hidung, disebut juga dengan lekukan nasolabial atau garis lekuk pada kulit yang membentang dari tepi hidung ke sudut luar mulut.

Memijat titik tekanan ini bisa mendapatkan manfaat membersihkan saluran hidung serta membantu mengatasi hidung tersumbat ataupun hidung gatal.

1. GV26 atau filtrum

Titik tekanan GV26 terletak pada filtrum. Filtrum merupakan lekukan yang berada antara hidung dan bibir. Memijat titik tekanan ini bisa memulihkan focus juga bisa membantu menenangkan pikiran.

2. Yintang atau dahi

Yintang merupakan titik tekanan yang berada antara dua mata, lebih tepatnya dahi tempat perempuan India meletakkan titik merah. Jika titik tekanan ini dipijat atau ditotok, manfaat yang akan didapatkan berupa kecemasan yang mulai berkurang juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Selain pada wajah, titik tekanan juga terletak pada samping wajah, ini meliputi Taiyang, SJ21, juga SJ17. Berikut penjelasannya:

3. Taiyang atau pelipis

Titik tekanan yang berada di sisi wajah pertama adalah taiyang. Titik ini berada diantara atas bagian atas telinga dengan mata, atau pelipis. Menotok wajah pada titik ini dapat mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain, mengatasi pusing, serta mengatasi berbagai permasalahan mata.

4. SJ21 atau titik dekat hidung

Titik tekanan ini berada di tragus telinga atau bagian telinga yang menonjol yang letaknya berdekatan dengan wajah. Menotok wajah di titik ini punyai manfaat dapat mengatasi sakit gigi, mengatasi tinnitus juga untuk penanganan telinga yang tersumbat.

5. SJ17 atau belakang daun telinga

Titik ini jika di totok, menurut seorang ahli totok wajah, dipercaya bisa mengatasi kelumpuhan wajah, sakit gigi serta mengatasi rahang yang terkunci. Letaknya berada tepat di bawah atau belakang daun telinga.

Selain ada di wajah, totok juga bisa dilakukan di tangan. Titik tekanannya bernama LI4, ini dapat membantu mengatasi rasa sakit saat mengalami kedinginan ataupun demam. Selain itu, fungsinya juga bisa mengatasi gangguan pada wajah. Titik tekanannya berada di antara ibu jari dengan jari telunjuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perawatan wajah wajah tren kecantikan kecantikan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top