Ilustrasi perawatan kulit/istimewa
Fashion

Manfaat Eksfoliasi Wajah, Bisa Bikin Glowing

Widya Islamiati
Selasa, 30 Agustus 2022 - 18:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini, jagat maya diramaikan dengan banyaknya unggahan mengenai eksfoliasi kulit. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh berbagai produk perawatan kulit yang punyai produk eksfoliator, dengan mempromosikan produknya melalui artis internet, termasuk para selebTok.

Tidak hanya memperkenalkan produk eksfoliator, unggahan-unggahan itu juga menyebutkan banyak manfaat yang didapatkan jika melakukan eksfoliasi. Banyak warganet yang kemudian tergiur, apalagi jika unggahan-unggahan tersebut disertai dengan perjalanan pemilik akun untuk memiliki kulit yang glowing dengan produk eksfoliator.

Berikut ini bahasan mengenai eksfoliasi yang diulas dari Healthline dan medicalnewstoday!

Apa itu eksfoliasi?

Eksfoliasi merupakan pengelupasan sel-sel kulit mati yang mati yang menumpuk pada kulit. Setelah sel-sel kulit mati, kulit akan menerima skincare secara maksimal, sehingga kandungan di dalam skincare tersebut dapat bekerja dengan baik.

Apa manfaat eksfoliasi?

Manfaat eksfoliasi diantaranya adalah:

●     Mengangkat sel kulit mati

●     Meningkatkan sirkulasi

●     Mendorong pergantian kulit

●     Membuat kulit lebih cerah

●     Membantu penyerapan nutrisi yang didapat oleh kulit secara lebih baik

Dibalik sederet manfaat yang ditawarkan oleh proses eksfoliasi, tetap harus berhati-hati karena eksfoliasi juga rentan iritasi atau perusakan kulit.

Bagaimana cara eksfoliasi?

Cara melakukan eksfoliasi bermacam-macam, bisa dengan menggunakan bahan kimia yang biasanya terkandung dalam produk perawatan kulit. Umumnya bahan kimia ini terkandung dalam produk perawatan kulit berupa serum. Kandungan itu adalah:

●     Asam alfa-hidroksi (AHA): Bekerja dengan cara memecahkan ikatan yang dapat menahan sel-sel kulit kusam dan kulit mati di permukaan kulit. Hal ini akan membuat kulit melepaskan partikel mati secara alami. Contoh AHA seperti asam glikolat, laktat, tartarat, dan juga sitrat.

●     Asam beta-hidroksi (BHA): Jenis BHA termasuk beta hidroksil dan asam salisilat yang biasa digunakan untuk kulit berjerawat.

Selain dengan menggunakan bahan kimia, eksfoliasi juga bisa dilakukan dengan alat-alat sederhana seperti spons, sarung tangan eksfoliasi, scrub eksfoliasi, dan juga kuas eksfoliasi.

Seberapa sering harus melakukan eksfoliasi?

Intensitas eksfoliasi bergantung pada jenis kulit dan cara eksfoliasi yang dipilih. Secara umum, jika menggunakan eksfoliator kimia pada kulit kering, dilakukan satu hingga dua kali dalam satu minggupun sudah cukup. Namun, pada jenis kulit berminyak, bisa jadi membutuhkan eksfoliasi yang lebih sering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro