Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Si Jingga Penuh Khasiat, Sederet Khasiat Buah Mangga yang Jarang Diketahui

Berikut daftar manfaat mengonsumsi mangga untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui selama ini.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 14 September 2022  |  12:06 WIB
Si Jingga Penuh Khasiat, Sederet Khasiat Buah Mangga yang Jarang Diketahui
Buah Mangga
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan memiliki rasa yang enak, adalah buah mangga. Selain enak mangga juga punyai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Para ibu juga tidak usah repot memaksa anak-anaknya untuk mengonsumsi buah ini, karena buah ini termasuk buah yang digemari oleh banyak orang termasuk anak-anak.

Tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung buah dengan daging berwarna kuning kejinggaan jika sudah matang ini juga bisa diolah menjadi aneka ragam makanan olahan. Mulai dari jus, smoothie, puding, campuran rujak ataupun salad, dan masih banyak lainnya.

Lalu sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh saat mengonsumsi buah ini? Berikut jawabannya berdasarkan Dinas Kesehatan Kota Madiun dan everydayhealth.

Membantu mengatasi kanker

Buah yang punyai rasa asam jika belum matang sempurna ini punyai kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, mangga juga kaya akan senyawa yang bisa membantu mengatasi kanker seperti kanker payudara, kanker darah, kanker prostat, serta kanker usus besar.

Meningkatkan kinerja otak

Kandungan penting lainnya dalam mangga termasuk asam folat. Kandungan ini punyai kemampuan untuk menyehatkan otak. Selain itu manfaat asam folat untuk otak lainnya adalah bisa meningkatkan kesehatan otak.

Mencegah serta mengatasi anemia

Mangga merupakan buah yang punyai kandungan zat besi cukup tinggi. Ini membuat mangga menjadi buah yang punyai manfaat mencegah serta mengatasi penyakit kekurangan darah atau anemia. Hal ini didapat jika mengonsumsi mangga secara rutin, dan kandungan zat besinya akan berperan memproduksi sel-sel darah.

Membantu melancarkan sistem pencernaan

Kandungan yang terbukti bisa melancarkan sistem pencernaan adalah serat. Manfaat seperti menyehatkan organ pencernaan, terbebas dari gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit dan susah buang air besar juga bisa didapat dari serat. Dan mangga termasuk buah yang memiliki kandungan serat.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah mangga adalah terjaganya kesehatan mata. Hal ini dikarenakan mangga punyai kandungan vitamin A yang sudah terbukti punyai khasiat menjaga kesehatan mata. Dengan begitu, penglihatan akan menjadi lebih tajam, sehat serta bisa terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang mata.

Penelitian yang dilakukan oleh American Macular Degenetion Foundation menyebutkan, mangga dapat meningkatkan konsentrasi pigmen makula. Hal ini berdampak pada kesehatan mata menjadi lebih baik.

Menjaga kesehatan kulit

Buah mangga mengandung vitamin E dan vitamin C. Dua kandungan ini membuat buah mangga menjadi salah satu buah yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi buah ini secara teratur bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, cerah, kencang, halus dan juga lembab.

Pada penelitian tahun 2020 yang diterbitkan oleh Journal Nutrients menyebutkan bahwa mangga membantu penurunan kerutan sebanyak 20 % pada wanita pascamenopause yang mengonsumsi jus mangga sebanyak dua cangkir dalam seminggu selama empat bulan.

Meningkatkan kesehatan jantung dan usus

Mangga juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan usus. Penelitian yang dipersentasikan oleh American Society for Nutritionmenyebutkan bahwa kandungan polifenol dalam mangga bisa bermanfaat untuk tekanan darah sistolik wanita sehat pascamenopause.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Buah Mangga buah buah impor tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top