Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

9 Manfaat Buah Mangga, Bisa Kurangi Risiko Kanker

Mangga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker hingga asma.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 10 Juni 2020  |  13:47 WIB
Mangga - mangamaza
Mangga - mangamaza

Bisnis.com, JAKARTA – Siapa yang tak kenal mangga? Buah yang memiliki daging tebal mayoritas berwarna kuning ini menjadi salah satu buah yang paling disukai, karena banyaknya manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Mangga kaya akan protein, serat, vitamin C, vitamin A, asam folat, vitamin B-6, vitamin K dan kalium. Buah ini membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup seperti obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Mangga juga mendukung kulit dan rambut menjadi.

Untuk lebih tau manfaat apa saja yang diberikan manga untuk tubuh, berikut daftarnya, dilansir dari Boldsky, Rabu (10/6/2020) :

1. Mengelola Tingkat Kolesterol

Mangga memiliki tingkat vitamin C, pektin, dan serat tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga segar juga kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Ini membantu dalam mengendalikan detak jantung serta tekanan darah.

2. Mengobati Keasaman Tubuh

Mangga kaya akan asam tartrat, asam malat, serta asam sitrat yang membantu menjaga cadangan alkali tubuh dengan menghindari masalah keasaman. Alkalisasi tubuh penting karena makanan tertentu dapat membuat produk sampingan yang asam dalam tubuh setelah pencernaan yang dapat mengganggu proses pencernaan. Makan mangga dapat membantu mengurangi efek negatif kesehatan dari asam-asam ini.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Mangga kaya akan pektin berserat, yang membantu memecah makanan dalam sistem pencernaan. Mangga juga mengandung beberapa enzim yang membantu memecah protein, seperti amilase yang dapat membantu dan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

4. Mendukung Kesehatan Mata

Mangga kaya akan vitamin A dan satu cangkir mangga iris sama dengan 25 persen asupan kebutuhan harian akan vitamin A. Mangga membantu meningkatkan penglihatan, melawan mata yang kering, dan juga dapat membantu mengatasi rabun senja.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Mangga kaya akan vitamin C, yang membuat kulit yang sehat. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen, yang pada gilirannya akan membuat kulit bercahaya. Antioksidan dalam buah juga membantu melindungi folikel rambut terhadap kerusakan akibat stres oksidatif.

6. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kombinasi vitamin C, vitamin A serta 25 jenis karoten yang ada dalam mangga dikatakan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Menjadi sumber nutrisi penambah kekebalan yang baik, raja buah-buahan ini dapat membantu melawan infeksi. Mangga juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan beberapa vitamin B, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mangga adalah sumber potasium dan magnesium yang baik, membantu menjaga denyut nadi yang sehat dan juga meningkatkan kadar tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah. Antioksidan unik yang disebut mangiferin dalam mangga dapat melindungi sel-sel jantung terhadap peradangan, stres oksidatif dan kematian sel.

8. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker Tertentu

Mangga kaya akan polifenol, yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker. Polifenol ini dapat membantu melindungi terhadap stres oksidatif. Penelitian pada hewan melaporkan bahwa mangga polifenol mengurangi stres oksidatif dan menghentikan pertumbuhan atau menghancurkan berbagai sel kanker.

9. Dapat Mengurangi Risiko Asma

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin A dan beta-karoten mungkin lebih rendah pada anak-anak dengan asma, dan dengan mangga menjadi sumber yang kaya dari keduanya, dikatakan bahwa mangga berpotensi bertindak sebagai obat alami asma. Namun, tidak jelas seperti apa peran nutrisi penting ini dalam mencegah perkembangan asma.

Kendati demikian perlu diingat, berlebihan mengonsumsi makanan apapun jenisnya pasti memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh. Kadar gula tinggi pada buah-buahan dapat berbahaya terutama bagi mereka yang menderita diabetes atau masalah berat badan. Pakar kesehatan menyarankan bahwa mangga tinggi gula dan harus dimakan dalam jumlah sedang. Jadi, cukup makan 1,5 buah mangga sehari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Buah Mangga buah tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top