Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat Matcha untuk Kesehatan, Bisa Cerahkan Kulit hingga Cegah Kanker

Berikut sejumlah khasiat dan manfaat matcha untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 15 September 2022  |  13:00 WIB
Manfaat Matcha untuk Kesehatan, Bisa Cerahkan Kulit hingga Cegah Kanker
Matcha green tea - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ataupun minuman varian rasa matcha. Sama seperti teh hijau, teh putih, teh hitam ataupun teh oolong, matcha juga terbuat dari bubuk tanaman teh yaitu Camellia sinensis.

Namun, perbedaan matcha dengan teh lainnya adalah punyai rasa yang unik, dan punyai warna yang lebih cerah. Selain itu, matcha yang berasal dari Jepang dan China ini juga punyai manfaat yang baik bagi kesehatan.

Berikut ini manfaat matcha tea bagi kesehatan ala Forbes dan Healthline!

Meningkatkan kesehatan jantung

Siapa sangka, meminum minuman sembari bersantai ternyata bisa sambil merawat kesehatan jantung. Matcha kaya akan mikronutrien terutama epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Ini merupakan senyawa yang punyai manfaat bagi kesehatan.

Journal of Ethanopharmacologymenyebutkan, manfaat EGCG berkaitan dengan kesehatan kardiovaskular serta metabolisme tubuh. Punyai sifat terapeutik termasuk anti-aterosklerosis, hipertrofi anti-inflamasi, anti-diabetes, anti-infark miokard, serta yang paling khas dari teh hijau, antioksidan.

Maka tidak heran jika matcha punyai manfaat bisa mencegah timbulnya penumpukan plak pada jantung, mencegah penebalan jaringan jantung serta kondisi-kondisi yang berkaitan dengan jantung.

Membantu mencegah kerusakan gigi

Sebuah penelitian yang dilakukan Food Research Internationalmenyebutkan bahwa matcha punyai kandungan flavonoid. Kandungan ini punyai banyak sifat antioksidan yang berguna bagi kesehatan. Flavonoid dalam teh memiliki efek antimikroba, mencegah kerusakan gigi serta mengurangi peradangan.

Antioksidan dalam matcha juga berperan untuk menghilangkan molekul jahat dari tubuh serta stres oksidatif.

Membantu penurunan berat badan

Sebuah uji klinis yang melibatkan 76 orang dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi teh hijau setiap hari selama empat bulan. Hasilnya menunjukkan bahwa teh hijau membantu penurunan berat badan.

Membuat kulit sehat dan cerah

Food Research Internationaljuga mencatat, konstituen dalam matcha berguna untuk regenerasi kulit, penyembuhan luka serta pengobatan kondisi kulit seperti ulkus aphthous, psoriasis, rosacea, serta actinic keratosis.

Selain itu, EGCG dan kafein yang terkandung dalam matcha disebutkan oleh dokter naturopati bisa menjadi salah satu cara untuk merawat kesehatan kulit.

Meningkatkan fungsi otak

Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa mengonsumsi matcha sebanyak 2 gram setiap hari selama dua bulan dapat membantu meningkatan fungsi otak bagi orang lanjut usia.

Matcha juga punyai kandungan kafein yang berfungsi bagi kesehatan otak serta peningkatan memori. Lalu, senyawa L-Theanine dalam matcha bisa mengubah efek kafein, meningkatkan kewaspadaan serta mencegah efek samping dari konsumsi kafein.

Membantu mencegah kanker

Matcha punyai sifat anti-kanker dalam EGCG. Lalu pada penelitian di Cancer Causes and Control yang melibatkan 1.400 orang, menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau bisa menurunkan risiko kanker perut.

Katekin serta asam folat, fitokimia yang terkandung dalam matcha juga digunakan untuk perawatan kemoterapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teh teh hijau tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top