Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mirip Seledri, Ini Sederet Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan

Berikut khasiat daun ketumbar yang sering digunakan sebagai bumbu masakan seperti halnya seledri
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 15 September 2022  |  18:11 WIB
Mirip Seledri, Ini Sederet Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan
Daun ketumbar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini beredar video makan kerang oyster mentah di TikTok, ini mengundang banyak perhatian warganet. Salah satu akun Tiktok bernama Meimei Mecin membagikan pengalamannya menyantap kerang yang disajikan mentah ini.

Meimei menyarankan agar menambah cita rasa, oyster harus dimakan segera setelah disajikan, tambahkan jeruk nipis, bumbu serta terakhir mengunyah daun ketumbar setelah suapan oyster.

Banyak warganet yang salah fokus dengan daun ketumbar yang dikunyah oleh kreator video tersebut, karena bentuknya seperti daun seledri. Apalagi, di Indonesia, daun ketumbar bukan merupakan rempah yang lazim dimakan.

Lalu apa sebenarnya khasiat daun ketumbar bagi tubuh? Berikut ini jawabannya berdasarkan health.com dan newsmedical.

Mengurangi risiko kanker dan penyakit mata

Ketumbar memiliki kandungan karotenoid, seperti beta-karoten dan lutein. Kedua jenis karotenoid ini juga ditemukan dalam keluarga umbelliferae lainnya seperti wortel.

Sebuah penelitian mengungkap, karotenoid dalam daun ketumbar memiliki kemungkinan bisa menurunkan risiko kanker dan penyakit mata. Penelitian lain juga menyebutkan, daun ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bijinya.

Antioksidan ini jika dikonsumsi secara teratur bisa bermanfaat untuk mencegah stres oksidatif serta mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas yang dilepaskan selama oksidasi.

Mencegah kanker akibat konsumsi HCA pada daging yang tinggi

Sebuah penelitian menemukan bahwa memasak dengan daun ketumbar bisa mencegah risiko kanker. Hal ini karena saat memasak daging dengan suhu yang tinggi dengan daun ketumbar, daun ketumbar ini bisa mencegah perkembangan amina heterosiklik (HCA). Konsumsi HCA yang tinggi berkaitan dengan peningkatan risiko kanker.

Membantu kesehatan jantung

Tidak hanya bijinya, tanaman ketumbar termasuk daunnya punyai sejumlah manfaat bagi kesehatan. Seperti mengatasi masalah pencernaan, nyeri dan peradangan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Molecules menemukan bahwa ramuan ketumbar bisa mendukung kesehatan jantung dengan membantu mengatur tekanan darah serta utama jantung. Menurut para peneliti, hal ini dikarenakan tanaman ketumbar kaya akan antioksidan.

Efek samping konsumsi daun ketumbar

Jika daun ketumbar dikonsumsi secara mentah, ini meningkatkan risiko terkontaminasi bakteri yang jika dimasak terlebih dahulu, akan mati. Bahkan pada tahun 2000 dan 2020 lalu, CDC menerima laporan tentang wabah yang disebabkan oleh daun ketumbar.

Maka, untuk orang yang berusia di atas 60 tahun, sedang hamil, memiliki sistem imun yang lemah, ataupun sejumlah kondisi kesehatan lainnya, disarankan untuk tidak mengonsumsi daun ketumbar yang mentah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rempah daun sirsak sayuran sayur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top