Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Catat! Ini 7 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari

Air lemon juga mengandung vitamin C yang membantu melindungi tubuh dari kuman dan virus. Simak manfaat lainnya.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 17 September 2022  |  15:38 WIB
Ilustrasi air lemon atau lemon infused water - Medicine.net
Ilustrasi air lemon atau lemon infused water - Medicine.net
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lemon sering jadi pilihan jus buah untuk menghilangkan dahaga. Tak hanya rasanya yang segar, ternyata rutin mengonsumsi air jeruk lemon memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Lemon terkenal karena nutrisinya yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Disamping itu, lemon juga miliki segudang khasiat lainnya untuk tubuh. Salah satunya dinilai mampu membantu program menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, lemon juga kerap dijadikan sebagai alternatif pilihan bagi Anda yang  hendak meningkatkan kesehatan kulit. 

Berikut 7 manfaat konsumsi air jeruk lemon untuk tubuh:

1. Hidrasi Mudah dan Efektif 

Mengonsumsi air yang cukup biasa sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Seperti yang diketahui sebelumnya, tubuh kita membutuhkan banyak air sepanjang hari.

Dilansir dari laman p2ptm.kemkes.go.id, takaran minimum konsumsi air harian pada orang dewasa adalah 2 liter/hari atau setara dengan delapan gelas berukuran 230ml per hari.

Hal tersebut jelas menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa kalangan yang kerap terbiasa mengonsumsi air melalui minuman berperisa. Selain akan sebabkan dehidrasi, mereka yang kerap mengonsumsi minuman manis tanpa memperhatikan takaran gula yang terkandung akan lebih berisiko terkena diabetes.

Tak bisa dianggap remeh, dehidrasi dapat menyebabkan ketidaknyamanan jika dibiarkan dan bahkan dapat menyebabkan gejala yang lebih ekstrim seperti perubahan suasana hati, kepanasan, kesulitan berkonsentrasi, dan banyak lagi. Untuk kondisi ini, air lemon dapat membantu mencegah dehidrasi pada setiap tegukan. Manfaat hidrasi jangka panjang yang tepat dapat meningkatan energi dan mendukung kesehatan jantung. 

2. Peningkatan Kadar Vitamin C 

Air lemon panas adalah sumber vitamin C yang baik, yang penting untuk kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan. Vitamin C membantu mendukung sistem kekebalan yang kuat dan sehat dan dapat melindungi Anda dari pilek serta serangan berbagai virus.

Selain itu, vitamin C juga memiliki pengaruh besar untuk mendukung tulang rawan, tulang, dan gigi, membantu tubuh Anda membentuk kolagen, memastikan luka kulit sembuh dengan aman, dan menyerap vitamin dan mineral penting seperti zat besi. 

Cukup menambahkan setengah cairan lemon dalam beberapa ons air dapat memenuhi sebanyak seperenam dari dosis vitamin C harian yang direkomendasikan. 

3. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Batu ginjal bisa sangat menyakitkan. Pada tingkat paling dasar, mereka adalah formasi mineral dan garam yang berkembang di ginjal dan mempengaruhi sistem saluran kemih. 

Ada banyak alasan terjadinya batu ginjal, termasuk obat-obatan dan genetika, tetapi dehidrasi dinilai berperan penting dalam pembentukan batu ginjal. Untuk mulai mencegahnya, minumlah lebih banyak air sepanjang hari yang dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi dan batu ginjal. Menambahkan perasan air lemon ke air mineral jadi pilihan yang tepat untuk tangani masalah batu ginjal ini.

Senyawa asam dalam air lemon mengandung sitrat yang membantu mendukung pH yang sehat dalam urin Anda. Tentu saja, sumber saran medis terbaik adalah ahli gizi atau dokter, jadi pastikan untuk berbicara dengan ahli gizi atau penyedia layanan kesehatan Anda sebelum mencoba mengobati batu ginjal dengan air lemon atau buah jeruk lainnya.

4. Asupan Kalium Lebih Besar

Mengatur dan menjaga kadar kalium yang sehat dalam tubuh penting karena beberapa alasan. Kadar potasium yang ada di dalam kalium mampu berkontribusi pada kesehatan beberapa sistem penting, termasuk jantung dan otot Anda.

Tanda- tanda awal Anda memiliki kadar kalium yang rendah adalah kram dan detak jantung yang tidak normal. Gejala tersebut dapat meningkat dan menjadi lebih mengkhawatirkan jika tidak ditangani. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lemon jeruk Imunitas tubuh
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top