Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Fashion

Sejarah 22 September, Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 22 September 2022 - 08:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day sedunia jatuh pada 22 September.

Hari Bebas Kendaraan ini diperingati di seluruh dunia dengan tujuan mengurangi polusi udara dan imbauan untuk berjalan kaki serta bersepeda di lingkungan yang lebih aman.

Hari bebas kendaraan bermotor berlangsung sepanjang tahun 1990-an dan resmi diluncurkan, secara global pada tahun 2000.

Banyak kota besar, seperti Bogota dan Jakarta, menutup jalan utama mereka pada hari ini, dan mengisinya dengan acara jalan kaki dan bersepeda, termasuk kota-kota kecil lainnyam

Ada sejumlah peristiwa penting yang telah terjadi di seluruh dunia sehubungan dengan Hari Bebas Mobil Sedunia. Ini termasuk pada tahun 1956 ketika hari Minggu bebas mobil pertama diadakan di Belgia dan Belanda. Pada tahun 1992, di Ottawa, sebuah buletin bernama Auto-Free Ottawa diluncurkan.

Baru-baru ini, pada tahun 2019, lebih dari 16 mil jalan di Central London ditutup untuk menghormati Hari Bebas Mobil Sedunia.

Wali Kota setekpat mengumumkan bahwa rencananya adalah untuk memastikan bahwa 80 persen perjalanan London dilakukan dengan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki dalam 22 tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro