Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bawang Merah Bisa Turunkan Gula Darah dan Kolesterol

Bawang merah dapat membantu mengatur kadar gula darah  bagi penderita diabetes.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  11:20 WIB
Bawang Merah Bisa Turunkan Gula Darah dan Kolesterol
Bawang merah - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang sedang diet diabetes, para ahli menyarankan maka bisa mengonsumsi bawang merah untuk menurunkan kadar gula darah.

Dikutip dari NDTV, Senin (3/10/2022), diabetes menjadi merupakan salah satu masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, dengan sekitar 1,5 juta kematian (akibat diabetes) setiap tahun.

Penyakit diabetes muncul karena gaya hidup yakni saat kadar glukosa darah melonjak dalam tubuh. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa diabetes tidak dapat disembuhkan sepenuhnya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengatur kadar gula darah dalam tubuh yakni dengan cara mengatur pola hidup dan konsumsi makanan. Makanan memainkan peran utama dalam menentukan gaya hidup sehat.

Studi baru-baru ini, yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan ke-97 The Endocrine Society di San Diego, menemukan bahwa bawang mengandung khasiat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah hingga 50 persen.

Namun, ada juga pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa bawang hanya bisa untuk menurunkan kolesterol.

Menurut para peneliti, "Ekstrak umbi bawang merah, Allium cepa, sangat cepat menurunkan glukosa darah tinggi (gula) dan kadar kolesterol total pada tikus diabetes bila diberikan dengan obat antidiabetes metformin."

Para peneliti memiliki tiga kelompok tikus dengan diabetes yang diberi tiga dosis ekstrak bawang merah yang berbeda. Ada tiga kelompok tikus nondiabetes lain dengan gula darah normal, sebagai pembanding.

Ditemukan bahwa ada penurunan cepat kadar gula darah pada tikus diabetes, bersamaan dengan penurunan kadar kolesterol. Sebab bawang tidak tinggi kalori dan bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

"Kita perlu menyelidiki cara bawang merah yang menyebabkan penurunan glukosa darah," kata para peneliti lebih lanjut.

Mempertimbangkan hal ini, para peneliti menyarankan untuk memasukkan bawang merah dan bombay dalam diet harian Anda untuk menjaga gaya hidup sehat diabetes. Namun, selalu konsultasikan dengan ahlinya sebelum beradaptasi dengan perubahan gaya hidup apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes Penyakit Diabetes tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top