Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Fakta-fakta Golongan Darah Baru, Er

Selain golongan darah A, B dan AB, peneliti menemukan golongan darah baru yang disebut Er
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 11 Oktober 2022  |  18:29 WIB
Fakta-fakta Golongan Darah Baru, Er
Golongan darah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini, peneliti menemukan golongan darah baru yang kemudian diberi nama Er.

Mengutip dari laman NHSBT, golongan darah ini ditemukan oleh peneliti dari NHS Blood and Transplant (NHSBT) serta peneliti dari University of Bristol.

Golongan darah baru ini, ditemukan dalam kasus penyakit hemolitik janin dan bayi baru lahir karena sistem kekebalan ibu menyerang darah bayi dalam kandungan. Kasus ini berakhir dengan bayi baru lahir dan janin tersebut kehilangan nyawa.

Tim menyelidiki tiga antigen golongan darah yang sudah ada sebelumnya, dan membandingkannya dengan molekul pada permukaan sel darah merah pada pasien tersebut.

Hasilnya, tidak tidak cocok dengan sistem golongan darah manapun yang sudah ada baik itu golongan darah A, B dan AB.

Latar belakang genetik dari 3 antigen ini (Era, Erb dan Er3), kemudian mengidentifikasi dua antigen baru (Er4 dan Er5), membentuk sistem golongan darah baru.

Penelitian ini dilakukan oleh Laboratorium Referensi Golongan Darah Internasional (IBGRL) NHSBT yang bekerja sama dengan para ahli dari Universitas Bristol ini kemudian memecahkan misteri golongan darah Er, sejak pertama kali ditemukan 30 tahun yang lalu.

Banyak orang hanya menyadari dua sistem golongan darah utama, yaitu sistem ABO, dan sistem Rh-. Meskipun sebenarnya ada lebih banyak sistem golongan darah. Er merupakan sistem golongan darah ke-44 yang ditemukan.

Dalam setiap sistem golongan darah, ada berbagai antigen golongan darah. Meskipun kebanyakan orang hanya menyadari sistem golongan darah A, B dan o. Namun, perbedaan ini dapat memiliki konsekuensi klinis bagi wanita hamil dan orang yang membutuhkan transfusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

golongan darah darah donor darah kanker darah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top