Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bahaya Ethylene Glycol Butyl Ether, Zat di Obat Sirup Pemicu Gagal Ginjal Akut

Kemenkes menemukan kandungan zat Ethylene Glycol Butyl Ether di dalam obat sirup pasien gagal ginjal akut, ini bahayanya
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 20 Oktober 2022  |  10:15 WIB
Bahaya Ethylene Glycol Butyl Ether, Zat di Obat Sirup Pemicu Gagal Ginjal Akut
Obat sirup cair
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan kembali menemukan zat kimia berbahaya baru yaitu Ethylene glycol butyl ether (EGBE) yang memicu balita menderita penyakit gangguan ginjal akut.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, Kementerian Kesehatan telah mengambil sampel beberapa jenis obat sirup dan terbukti beberapa obat-obatan sirup mengandung zat kimia ethylene glycol (EG), diethylene glycol (DEG), dan ethylene glycol butyl ether (EGBE) yang berbahaya.

Atas temuan ini, Kementerian Kesehatan sementara melarang penggunaan obat-obatan sirup sambil menunggu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memfinalisasi hasil penelitian kuantitatifnya.

Lantas, apa sebenarnya ethylene glycol butyl ether (EGBE) dan seberapa bahaya bagi kesehatan?

Mengenal Ethylene Glycol Butyl Ether (EGBE)

Ethylene glycol butyl ether (EGBE) adalah jenis glikol eter. Melansir dari Science Direct, EGBE diproduksi dengan mereaksikan etilen oksida dan butanol normal (n-butanol) menggunakan katalis. Jika rasio etilen oksida terhadap n-butanol lebih besar dari satu, monoeter di- dan trietilen glikol diproduksi bersama dengan EGBE.

Berdasarkan Samchem Prasandha, ethylene glycol butyl ether (EGBE) adalah cairan bening yang mudah terbakar dengan bau yang ringan.

EGBE sendiri digunakan sebagai pelarut, Bahkan, kandungan ini menjadi bahan kimia umum yang sering digunakan dalam produk industri maupun rumah tangga. Hal ini, karena EGBE mampu larut dalam air, dan dapat bercampur dengan minyak mineral dan sabun. Sehingga, pelarut ini sering digunakan dalam pembersih, tinta, cat, pelapis.

Bahaya Ethylene Glycol Butyl Ether (EGBE)

Melansir dari temuan Samchem Prasandha, EGBE dapat memimbulkan efek kesehatan yang serius. Misalnya, dalam proses pernafasan, seseorang yang menghirup zat ini dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan. Gejala mungkin termasuk sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, mual dan sesak napas hingga hemolisis (kerusakan sel darah merah. Bahkan, EGBE punya konsentrasi tinggi yang memiliki efek narkotika.

Lalu, apabila seseorang menelan zat ini, maka dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Gejala mungkin termasuk mual, muntah dan diare hingga memicu keracunan sistemik dengan gejala yang paralel dengan gejala inhalasi.

Bahkan, seseorang yang terpapar dalam waktu yang lama atau berulang dapat menyebabkan kerusakan pada hati, ginjal, sistem limfoid, darah dan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kimia bahan kimia obat sirup kemenkes ginjal gagal ginjal penyakit ginjal
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top